RAKYAT NEWS, Kesehatan – Vertigo adalah suatu kondisi yang membuat orang merasa pusing dan kehilangan keseimbangan yang disebabkan oleh masalah di dalam sistem saraf pusat, sistem keseimbangan, atau telinga dalam. Gejala vertigo bisa sangat mengganggu dan dapat menyebabkan rasa takut dan kecemasan. Namun, ada beberapa terapi alami yang dapat membantu mengatasi vertigo.

Berikut adalah beberapa terapi alami untuk menghilangkan vertigo:

1. Olahraga Rutin

Olahraga teratur dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, termasuk otak dan telinga bagian dalam. Berbagai latihan aerobik seperti bersepeda, berjalan, atau berlari di luar ruangan sangat membantu untuk meningkatkan keseimbangan tubuh dan juga pertumbuhan otot-otot kaki.

2. Pijat

Pijatan refleksi dapat membantu mengurangi dan menghilangkan gejala vertigo. Konsep pijatan refleksi adalah memijat titik-titik refleksi di kaki mempengaruhi organ yang terhubung dengan titik-titik tersebut di seluruh tubuh. Menggunakan teknik pijat relaksasi juga dapat membantu mengurangi kecemasan dan stres yang sering dikaitkan dengan vertigo.

3. Akupunktur

Terapi akupunktur melibatkan menempatkan jarum tipis di titik-titik tertentu di tubuh yang diyakini dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi kecemasan serta membantu menghilangkan vertigo. Acupunture juga disebut efektif dalam menghilangkan vertigo yang disebabkan oleh masalah di dalam sistem saraf pusat.

4. Madu Manuka

Madu Manuka dipercaya dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh dan memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang kuat. Mengonsumsi madu Manuka secara teratur dapat membantu memperbaiki sistem saraf pusat yang terganggu, termasuk yang menyebabkan vertigo.

5. Makanan Sehat

Makanan yang sehat dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh, termasuk sistem saraf pusat dan sistem keseimbangan. Asupan makanan yang cukup terutama mengandung vitamin B6, B12, C, D, dan E akan amat sangat membantu menghilangkan vertigo.

6. Yoga

Yoga dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan keseimbangan tubuh dan pikiran, sehingga dapat membantu menghilangkan vertigo. Latihan yoga yang fokus pada keseimbangan dan relaksasi seperti tadasana (mountain pose) atau vrikshasana (tree pose) sangat membantu dalam menghilangkan vertigo.