RAKYAT NEWS, Kesehatan – Manfaat berkumur air garam untuk kesehatan mulut dan gigi telah dikenal sejak zaman dahulu. Penggunaan air garam sebagai obat anti-bakteri dan anti-radang sudah sangat populer di kalangan masyarakat. Selain itu, berkumur dengan air garam mempunyai manfaat yang bermanfaat untuk kesehatan mulut dan gigi.

Air garam mengandung natrium dan klorida, yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan mulut dan gigi. Salah satunya adalah membunuh bakteri yang menyebabkan plak gigi. Plak gigi yang menempel pada gigi dan gusi dapat menyebabkan peradangan dan pembusukan gigi. Dengan berkumur air garam secara rutin, penggunaannya dapat membantu mengurangi dan menghilangkan plak gigi.

Selain itu, berkumur dengan air garam juga dapat membantu membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Ketika oral hygiene buruk, bakteri dapat berkembang biak di dalam mulut sehingga menyebabkan bau mulut. Dengan berkumur air garam secara teratur, penggunaannya dapat membantu mengurangi bau mulut yang tidak sedap.

Manfaat lainnya dari berkumur dengan air garam adalah membantu mengobati sariawan dan peradangan gusi. Sariawan seringkali terjadi akibat luka pada mulut atau peradangan pada gusi. Dengan berkumur air garam, dapat membantu mengurangi gejala peradangan dan mencegah infeksi yang lebih lanjut.

Selain manfaat untuk kesehatan mulut dan gigi, berkumur dengan air garam juga mempunyai manfaat untuk kesehatan secara keseluruhan. Manfaatnya adalah dapat membantu mengurangi gejala pilek dan flu. Kandungan natrium dan klorida yang terkandung di dalam air garam dapat membantu mengurangi pembengkakan di dalam hidung dan membersihkan lendir yang menempel di tenggorokan.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan jika ingin berkumur dengan air garam. Salah satunya adalah dengan mengambil secangkir air hangat campurkan 1-2 sendok teh garam hingga larut. Setelah itu, berkumur selama 30 detik berulang-ulang sebanyak tiga kali sehari setelah makan.