JAKARTA – Hak administratif Federasi Sepak Bola India (AIFF) dibekukan oleh FIFA pada Selasa (16/8) setelah adanya campur tangan dari pihak ketiga terhadap rumah tangga federasi tersebut pada pemilihan ketua umum yang dinilai sebagai pelanggara statuta.

Baca Juga : PSG Menang 5-2, Mbappe Tampak Frustasi Bola Dioper ke Messi

Pada awal Agustus, FIFA telah memberi peringatan kepada AIFF bahwa jika terjadi intervensi dari pihak ketiga maka federasi anggota bisa mendapatkan sanksi pembekuan seperti yang pernah dialami sejumlah negara.

Ancaman tersebut datang setelah Mahkamah Agung India meminta Komite Eksekutif AIFF menggelar pemilihan sesuai jadwal yang diusulkan oleh Komite Administrator (CoA), yang kini menjalankan urusan federasi sepak bola India.

Pemilihan akan diadakan pada tanggal 28 Agustus dan proses pemungutan suara akan dimulai pada tanggal 13 Agustus. Intervensi ini yang dinilai melanggar Statuta FIFA.

FIFA dan Konfederasi Sepak Bola Asia AFC juga telah mengirim tim yang dipimpin oleh Sekretaris Jenderal AFC Windsor John untuk bertemu dengan para pemangku kepentingan sepak bola India dan menyerahkan peta jalan agar AIFF mengamandemen statuta mereka dan kemudian mengadakan pemilihan paling lambat 15 September.

Namun karena pihak ketiga dalam hal ini CoA masih campur tangan pada rumah tangga AIFF maka FIFA akhirnya memutuskan menjatuhkan sanksi kepada sepak bola India dan mencabut hak tuan rumah India untuk menggelar Piala Dunia U-17 putri yang rencananya digelar pada bulan Oktober mendatang.

Kepastian itu didapat setelah FIFA menerbitkan pengumuman resmi lewat situs mereka yang menyebutkan bahwa FIFA telah membekukan AIFF, Selasa (16/8).

“Biro Dewan FIFA dengan bulat memutuskan untuk menangguhkan Federasi Sepak Bola Seluruh India [AIFF] dengan segera karena pengaruh yang tidak semestinya dari pihak ketiga, yang merupakan pelanggaran serius terhadap Statuta FIFA,” tulis FIFA dilansir dari CNNIndonesia.com

Pernyataan tersebut juga menjelaskan bahwa penangguhan akan dicabut setelah perintah untuk membentuk komite administrator untuk mengambil alih kekuasaan Komite Eksekutif AIFF telah dicabut dan administrasi AIFF mendapatkan kembali kendali penuh atas urusan sehari-hari AIFF.

Penangguhan tersebut berarti bahwa Piala Dunia Wanita U-17 2022, yang dijadwalkan berlangsung di India pada 11-30 Oktober 2022, saat ini tidak dapat diadakan di India seperti yang direncanakan.