RAKYAT.NEWS, Makassar – Rutin melakukan peremajaan pada sumber air baku di Bendungan Leko Pancing, Kabupaten Maros, Sulsel adalah upaya Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Makassar terus berupaya hadirkan layanan air bersih.

Distribusi air baku yang masuk ke instalasi, juga aktif dilakukan penjagaan lingkungan sepanjang saluran air baku untuk menjamin air yang digunakan masyarakat layak dan aman.

“Jadi sebelum masuk di pipa besar untuk masyarakat, itu sudah melalui uji laboratorium. Tapi klasifikasinya air bersih. Air bersih itu kan harus diproses dulu untuk menjadi air minum,” ujar Beni Iskandar, Direktur Utama PDAM Makassar dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Selasa sore, 21 Maret 2023.

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto sebelumnya menargetkan 85% coverage pelayanan. Namun, kini masih tercatat sekitar 200 ribu masyarakat yang tercatat sebagai pengguna PDAM dengan persentase yang masih sebesar 69%

Maka dari itu, lanjut Beni, pihaknya tengah menginisiasi pembangunan instalasi baru di wilayah timur dan barat Kota Makassar. Serta menghadirkan layanan air prima atau air siap minum yang disiapkan di sejumlah titik.

“Kami juga sudah menyiapkan di Barombong itu, kami menyiapkan air prima dengan kata lain siap minum, dan sudah bisa dites, di anjungan Losari itu ada tiga titik. Kami akan wujudkan lagi di timur kota beberapa fasilitas itu,” jelasnya.

Reporter : Muh. Aswar