RAKYAT NEWS, Lifestyle – Daging adalah salah satu bahan makanan yang paling sering digunakan dalam menu sehari-hari. Namun, sering kali kita kesulitan dalam mengolah daging agar empuk dan mudah dicerna. Faktanya, memasak daging agar cepat empuk tidaklah sulit. Ada beberapa teknik dan tips yang dapat diikuti agar daging menjadi lembut dan empuk, serta tetap enak dimakan. Berikut adalah beberapa tips mudah yang dapat Anda lakukan saat memasak daging.

1. Pilih Jenis Potong Daging yang Tepat

Tidak semua potongan daging sama. Ada jenis potongan daging yang lebih mudah dimasak dan cepat empuk. Pilihlah potongan daging yang memiliki sedikit atau tanpa tulang dan berlemak. Beberapa potongan daging yang bisa dijadikan pilihan antara lain daging has dalam, daging sapi bagian luar, dan daging sapi sirloin.

2. Rendam Daging di dalam Air Jeruk Nipis atau Air Asam Jawa

Jeruk nipis atau air asam jawa mengandung asam sitrat yang dapat membantu melunakkan serat daging. Cara ini sangat efektif dalam mengolah daging yang keras dan sulit empuk. Sebelum dimasak, rendam daging dalam air jeruk nipis atau air asam jawa selama 30 menit hingga 1 jam. Kemudian bilas dengan air dingin dan jemur sebentar sebelum dimasak.

3. Pakai Pisau yang Tajam

Pisau yang tajam sangat penting dalam memasak daging. Pisau yang tajam dapat memotong daging dengan mudah dan rapi, sehingga daging tidak terluka dan menghasilkan daging yang halus dan empuk.

4. Masak Daging dalam Suhu Rendah selama Waktu Lama

Memasak daging dalam suhu rendah selama waktu lama akan membuat daging empuk dan lembut. Dengan menggunakan suhu rendah dan waktu lama, daging akan menghasilkan kandungan kolagen yang cukup. Kolagen adalah protein dalam daging yang dapat melunakkan serat daging. Cara ini sangat cocok untuk memasak daging sapi atau domba yang terkenal lebih keras daripada daging ayam.

5. Simpan Daging di dalam Kulkas sebelum Dimasak

Simpan daging dalam suhu dingin selama beberapa jam sebelum dimasak dapat membuat daging lembut dan empuk. Cara ini membuat daging dapat meresap bumbu dengan baik sehingga kaya akan cita rasa.