RAKYAT.NEWS, Makassar – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 memprediksi akan terjadi kenaikan 5 persen jumlah penumpang menjelang mudik. Mengantisipasi itu, PT Pelabuhan Indonesia atau Pelindo ini berusaha mengoptimalkan pelayanan.

Enriany Muis, Regional Head 4 mengungkap hal tersebut dalam keterangan persnya kepada awak media belum lama ini di kantor PT Pelindo (Persero) Regional 4.

Optimalisasi pelayanan yang dimaksud, kata Enriany, antara lain berupa fasilitas fisik terminal, kesiapan petugas, dan peningkatan teknologi.

“Kita melakukan penambahan kapasitas pendukung terminal penumpang seperti perbaikan toilet di beberapa pelabuhan. Di beberapa cabang, dilakukan pergantian kursi yang sudah tua dan berkarat. Di Terminal 2 juga dibuatkan ruang tunggu sementara. Selain itu juga terdapat ruang bermain anak dan ruang menyusui,” jelas Enriany Muis seraya menambahkan, semoga di h-2 lebaran fasilitas tersebut sudah bisa beroperasi optimal.

Tidak hanya itu, lanjutnya, PT Pelindo juga melakukan penambahan CCTV untuk penunjang keamanan. Terdapat control room untuk mengontrol kondisi di pelabuhan yang mulai beroperasi tahun 2022. Serta terdapat penyediaan Wifi gratis untuk akses internet di daerah pelabuhan.

Selain fasilitas fisik, juga dibentuk tim pemantauan angkutan lebaran 2023 dan menyiapkan petugas di setiap terminal agar mudik keamanan tahun ini dapat berlangsung baik.

Reporter : Thania Novita Dhamayanti