RAKYAT.NEWS, SAMARINDA – Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Samarinda terus berupaya mencegah peredaran narkoba. Pemberantasan peredaran narkotika tidak hanya dilakukan dengan penindakan, tetapi juga melalui penyuluhan dan sosialisasi langsung ke masyarakat, di pelabuhan Samarinda, Jalan Yos Sudarso, dengan sasaran penumpang kapal, pada Kamis (6/4/2023).

Baca Juga : Sosialisasi Cek KLIK, Peserta Beri Surprise Aliyah Mustika Ilham

Tidak hanya mengajak penumpang di dalam kapal untuk ikut serta dalam memberantas narkotika, tetapi juga dilakukan penempelan stiker berisi ajakan hindari narkotika disejumlah sudut kapal.

Stiker dipasang di dua kapal, KM Adhitya dan KM Queen Soya.

Tidak hanya penumpang kapal yang jadi target sosialisasi, namun juga buruh, serta pedagang di sekitar pelabuhan.

Kepala BNNK Samarinda, Kombespol Wiwin Firta menerangkan, kegiatan tersebut merupakan salah satu program yang terdapat di seksi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

“Ini salah satu langkah untuk bentengi penumpang agar tidak terlibat peredaran maupun penggunaan narkotika. Selain di kapal, juga dilakukan pencegahanndi angkutan umum lainnya, seperti darat dan udara,” ucapnya, Kamis (06/04/2023).

Ia menjelaskan, kegiatan sosialisasi bahaya narkoba dilakukan terhadap penumpang kapal, mengingat jalur peredaran narkoba juga kerap menggunakan jalur laut menggunakan kapal barang maupun kapal penumpang lintas provinsi.

Hal ini juga dilakukan untuk mencegah munculnya jalur sindikat peredaran narkotika baru, terlebih Kaltim ditetapkan sebagai Ibu Kota Negara (IKN)

“Jangan sampai jalur baru terbuka lebar, apalagi Kaltim jadi Ibu Kota Negara (IKN),” ungkapnya.

Sementara itu, Kasi Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli (KBPP) KSOP Kelas II Samarinda, Ridha Gamat menyambut baik upaya pemberantasan narkotika yang dilakukan BNNK Samarinda.

“Ini sebagai sinergi untuk menjamin keamanan dan keselamatan penumpang selama angkutan lebaran. Supaya tidak ada yang menyalahgunakan maupun mengedarkan narkoba,” paparnya.

Baca Juga : Dump Truk Tabrak Sepeda Motor di Gorontalo, Satu Tewas di Tempat