MAROS – Kepala Menteri Koodinator (Kemenko) bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memimpin penanaman Mangrove yang ditemani Menteri Lingkungan Hidup dan kehutanan (LHK) Siti Nurbayah, dan Menteri Kelautan dan Perikanan  Sakti Wahyu Trenggono, yang diadakan di Desa Marannu, Kecamatan Lau, Kabupaten Maros, Jumat (19/08/2022).

Baca Juga : YHK Bersama Greenfluencer Gelar Workshop Sistem Hidroponik

Acara penanaman mangrove tersebut dihadiri oleh rekan-rekan BUMN, Wakil Bupati Maros hal ini Suhartina, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, dan anggota pers lainnya.

Kepala Menteri Koodinator (Kemenko) bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Luhut Binsar Pandjaitan berharap dengan adanya penanaman mangrove saat ini semuanya bisa bekerja sama.

” Saya juga berharap semua kita bekerjasama, Kementrian, Pelindo. Pelindo saya titip Pak Arif. Anda punya Pelabuhan tuh tanamin tuh mangrove dimana yang bisa ditanamin,” katanya.

Tambahnya, ia juga mengusulkan, terkait penanaman mangrove bisa dijadikan Peraturan Daerah (Perda) oleh Pelindo.

“Jadi bikin Perda (Peraturan Daerah) peraturan dari pada Pelindo, semua Pelabuhan yyang ada daerahnya bisa ditanamin mangrove, tanamin mangrove,” usulnya.

Baca Juga : Gubernur Sulsel Bersama Tiga Menteri RI Tanam Mangrove di Maros

Disamping itu, ia mengatakan, bahwa dengan adanya penanaman mangrove tersebut akan menguntungkan UMKM.

“Itu akan menguntungkan UMKM. Kenapa nanti ada tadi kita lihat sana ada ikan, udang, kepiting, macam-macam,” ujarnya.

Diketahui dalam penanaman mangrove ini, dalam kunjungan Kemenko Marves ditemani oleh Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, dan Wakil Bupati Maros bersama Kru dri BUMN.

Disisi lain, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbayah mengatakan, Bahwa Presiden Joko Widodo pernah menegaskan terkait pembangunan infrastruktur dan pembangunan secara umum harus sejalan dengan pemlihan lingkungan.