JAKARTA – Perkumpulan Promotor dan Pendidik Kesehatan Masyarakat Indonesia (PPPKMI), menggelar Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS), yang dihadiri 29 pengurus daerah dan para tim pakar dengan mengangkat tema ‘Konsolidasi Organisasi dan Peningkatan Mutu Tenaga Promosi Kesehatan Masyarakat’, di Hotel Grand Whiz Poins Simatupang pada (18-20/8/2022).

Baca Juga : DPRD Jeneponto Gelar Rapat Paripurna Penandatanganan KUA-PPAS Tahun Anggran 2023

Ketua Umum PPPKMI, Rita Damayanti, mengungkapkan bahwa RAKERNAS PPPKMi akan fokus pada penguatan konsolidasi organsasi mulai dari pengurus pusat, pengurus daerah dan pengurus cabang untuk jalan bersama dalam pelaksanaan kolaborasi program kerja untuk mewujudkan peningkatan mutu tanaga promosi kesehatan

“Perkuat konsolidasi antar pusat dengan penda untuk bergerak maju bersama sehingga dan tidak ada lagi perbedaan antara pusat, penda, pencab” katanya.

Lanjut ia mengatakan peningkatan mutu bagi tenagan promosi kesehatan sangat penting termasuk hadirnya Surat Tanda Registrasi (STR) Jabatan Fungsional Tenaga Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku (Jabfung TPKIP).   

“Rakernas PPPKMI kita akan fokus dalam pengkatan mutu tenaga kesehatan masyarakat,” ungkapnya.

Dr. Sarah Handayani, SKM, MKes mengatakan maju dalam mewujudkan program promkes harus dilakukan dengan konsolidasi organisasi yang kuat mulai dari pusat hingga ke daerah. Selain itu Singkronisasi program organisasi penting dilakukan untuk meningkatkan mutu tenaga promosi kesehatan.

“Ini sebenarnya tindak lanjut dari tema pronas yaitu pengarus utamaan program promosi kesehatan di tingkat nasional,” katanya.

Baca Juga : Ketua Dekranasda Makassar Apresiasi Desainer Lokal Rakernas XV Apeksi