RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Ketua DPR RI, Puan Maharani, menekankan pentingnya keselamatan Warga Negara Indonesia (WNI) selama proses operasi evakuasi yang berlangsung di Sudan. Puan menegaskan keselamatan WNI harus menjadi prioritas utama pemerintah dan semua pihak yang terlibat dalam operasi ini.

Baca Juga : Ketua DPRD Makassar Berbagi dengan Anak Yatim Piatu dan Tahfiz

Proses evakuasi tahap satu dan kedua berhasil membawa 557 WNI, dan kini telah tiba di Jeddah. Namun, Puan meminta agar proses evakuasi selanjutnya dapat segera dilakukan.

Menurutnya, meski berada di luar negeri, WNI tetap harus mendapatkan perlindungan dari pemerintah Indonesia agar masyarakat tidak ragu untuk berkarya dan bekerja di luar negeri.

Puan juga meminta Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) agar selalu menyiapkan tenaga medis untuk memastikan kesehatan WNI yang berhasil dievakuasi. Kesehatan WNI yang dievakuasi harus selalu terjaga karena mereka menempuh proses dan perjalanan yang panjang.

“Nyawa warga kita sangat berharga dan merupakan tanggung jawab negara. Untuk itu, Kemenlu sebagai perpanjangan tangan pemerintah harus bisa menjamin keselamatan mereka,” ujarnya.

Dalam misi penyelamatan tersebut, Puan menyadari akan adanya kendala. Apalagi, evakuasi terhadap ratusan WNI tersebut dilakukan di wilayah yang sedang ada konflik.

Maka dari itu, Puan meminta kepastian dari Kemenlu dan TNI agar keamanan WNI dapat tiba ke bumi pertiwi dengan selamat.

Puan pun berpesan agar seluruh pihak terus bersinergi sebaik-baiknya dalam operasi penyelamatan WNI di Sudan. Ia menegaskan, jangan sampai ada ego sektoral yang dapat menghambat evakuasi dan kenyamanan para WNI.

“Termasuk berkolaborasi dengan berbagai negara untuk mempermudah proses evakuasi. Keberadaan WNI menjadi salah satu agenda yang diperjuangkan DPR untuk melindungi keamanan WNI, meskipun dalam kondisi-kondisi darurat yang tidak dapat diprediksi,” katanya, dilansir cnnindonesia.com.