JATENG – Unggahan video sebuah akun TikTok pada Kamis, 18 Agustus 2022 yang memperlihatkan sebuah mobil mogok di tengah perlintasan tertabrak kereta api dan terseret viral di media sosial.

“Detik detik mobil tertabrak kereta #laka #lakakeretaapi #beritapurworejo,” tulis keterangan pada unggahan video tersebut.

Dalam video, tampak mobil berwarna biru tidak bergerak saat berada di tengah perlintasan kereta api.

Lampu bagian belakang mobil itu terlihat masih menyala.

Bersamaan dengan itu, terdengar suara klakson panjang dari lokomotif sebagai tanda kereta api akan melintas.

Mobil yang tak kunjung bergerak itu akhirnya tertabrak kereta api hingga terseret beberapa meter.

Penjelasan KAI

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta Franoto Wibowo membenarkan adanya kejadian tersebut.

“Betul, kejadian di petak Jalan KA Wojo-Jenar di perlintasan yang tidak dijaga,” ujarnya, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (21/8/2022) siang.

Ia menjelaskan, mobil itu tertabrak kereta api Senja Utama tepatnya di kilometer 494 + 3 petak jalan antara Stasiun Wojo dan Stasiun Jenar, Purworejo, Jawa Tengah pada Rabu (17/8/2022).

Akibat peristiwa tersebut, lanjutnya, lokomotif mengalami kerusakan sehingga KA Senja Utama relasi Yogyakarta-Pasar Senen mengalami keterlambatan 57 menit.

Selain itu, ada juga KA lokal Prameks yang mengalami keterlambatan 37 menit.

Tidak ada korban jiwa

Namun meskipun terjadi kecelakaan, dipastikan bahwa tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

“Kami mengimbau agar pengguna jalan senantiasa berhati-hati pada saat akan melewati perlintasan sebidang. Berhenti sejenak, tengok kiri kanan untuk memastikan tidak ada kereta yang melintas,” tutupnya.

Penjelasan polisi

Diberitakan Kompas.com, Kamis (18/8/2022), mobil yang tertabrak kereta api itu terseret sejauh 20 meter hingga ringsek.