RAKYAT.NEWS, DEPOK – Dałam acara kebudayaan Lebaran Depok yang terdapat beberapa lomba meliputi mawalan, nganam ketupat, numbuk uli, berebut dandang, dan lomba seru lainnya, sukses digelar pada (17-20/5/2023) lalu.

Baca Juga : Lestarikan Pantai, Kodim 1425 Jeneponto Gelar Penanaman Pohon Mangrove Nasional Secara Serentak

Ketua Pelaksana Lebaran Depok 2023, Abdul Rahman mengatakan, lomba- lomba tersebut digelar untuk semakin meramaikan Lebaran Depok, sekaligus melestarikan budaya. 

“Alhamdulillah, lomba-lomba tradisional itu sudah terlaksana dengan baik. Berbagai unsur turut serta, mulai dari masyarakat hingga perangkat daerah,” katanya, Selasa (23/05/23). 

Untuk Lomba Mawalan juara 1 diraih oleh Al Marwah dari Sawangan, juara 2 oleh Darul Hikmah dari Curug dan Juara 3 oleh Assairiyah dari Cimanggis. 

Selanjutnya, lomba arak-arakan kategori terfavorit dimenangkan oleh Kecamatan Bojongsari, kategori juara terbanyak diraih Kecamatan Sawangan. Sementara kategori teraktratif oleh Kecamatan Limo dan terkreatif dimenangkan Kecamatan Beji. 

Berikutnya, perlombaan numbuk uli juara 1 diraih Yati dari Kecamatan Limo, juara 2 diraih Umar dari Kecamatan Sawangan, dan juara 3 diraih Sarih dari Kecamatan Pancoran Mas. 

“Untuk lomba nganam ketupat, juara 1 diraih Ibu Asma dari Beji, juara 2 Ibu Sumiyati dari Sawangan dan juara 3 diraih Bapak Kosasih dari Pancoran Mas,” jelasnya. 

Kemudian, lomba berebut dandang juara 1 diraih Kecamatan Limo, juara 2 Kecamatan Sukmajaya dan juara 3 Kecamatan Cimanggis. 

“Lomba ngubek empang dimenangkan oleh Bojongsari, juara 2 Cinere dan juara 3 diraih Kelurahan Bojongsari Lama,” ungkapnya. 

Terakhir, lomba fashion show, juara 1 diraih Disporyata, juara 2 diraih DKP3 dan juara 3 diraih RSUD ASA. Para pemenang diberikan hadiah berupa uang tunai. 

“Gelaran lomba tradisional pada Lebaran Depok sebagai cara merawat dan melestarikan budaya. Lomba tersebut menyedot animo tinggi karena berbeda dengan lomba-lomba biasanya,” tutupnya.