RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Kapan Full Moon Juni 2023? Salah satu fenomena alam langka tersebut akan kembali hadir di tahun 2023, tepatnya di bulan Juni. Full Moon adalah Bulan Purnama, di mana bulan akan tampak terang dan bulat sempurna.

Baca Juga : KRI Teluk Hading 538 Dikabarkan Terbakar di Perairan Bira

Full Moon akan terjadi pada Juni 2023. Lihat penjelasan di bawah ini.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Full Moon Juni 2023 akan terjadi pada Sabtu (3/6/2023). Fenomena Full Moon di bulan Juni disebut juga dengan Strawberry Moon.

“Bulan purnama (full moon) pada 3 Juni 2023 bersamaan dengan perige (jarak terdekat bulan ke bumi) pada tanggal 6 Juni 2023 berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum,” tulisnya.

Dilansir situs Space, Full Moon atau Bulan Purnama adalah fase di mana bulan berseberangan dengan matahari, jika dilihat dari bumi. Jika dilihat dari matahari, bulan saat purnama terletak di belakang bumi.

Full Moon atau Bulan Purnama merupakan titik di mana seluruh wajah bulan diterangi oleh matahari seperti yang terlihat dari bumi. Bulan Purnama terbit sekitar matahari terbenam dan terbenam sekitar matahari terbit.

Sementara itu, istilah Strawberry Moon pada Full Moon Juni 2023 berasal dari penduduk asli Amerika Strawberry Moon merujuk pada buah stroberi yang panen saat puncak musim panas.

Baca Juga : Rudenim Makassar Laksanakan Upacara Hari Lahir Pancasila dengan Khidmat