MAKASSAR — Mencuatnya ditengah pro kontra terkait rencana pembangunan rel kereta api rute Makassar-Maros, Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kota Makassar, Rizal Burahmat memberikan tanggapan positif atas tawaran yang diberikan Wali Kota Makassar, Dhanny Pomanto, kepada Balai Pengelola Kereta Api (BPKA) Sulawesi Selatan (Sulsel), pada Selasa (23/08) kemarin.

Pasalnya, hal itu disebabkan adanya perbedaan perspektif pembangunan rel kereta api, khususnya untuk wilayah Makassar antara Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dengan BPKA Sulsel.

Diketahui, Pemkot Makassar menginginkan rel layang (elevated) sementara dan BPKA Sulsel menginginkan pembangunan jalur kereta api jalur rel darat (at grade).

Dari dua metode dan perspektif pembangunan yang ditawarkan, memiliki landasan kajian yang menjadi dasar pertimbangan, namun tentu juga masing-masing memiliki dampak terhadap lingkungan, efektivitas, aksesibiliti, dan yang paling penting adalah terjaganya lingkungan.

Baca Juga: Ketua GP Ansor Kecamatan Tamalate Apresiasi Karnaval Merdeka Toleransi

Sebelumnya, Danny Pomanto melihat pembangunan jalur rel kereta api di Kabupaten Barru, di mana jalur rel kereta dengan konsep at grade telah menghancurkan lahan sawah di lokasi tersebut, dan ia tak ingin kondisi seperti itu terjadi di Kota Makassar, seperti terhambatnya aliran air ke Sungai Tallo.

”Jika jalur rel darat terealisasi, maka warga nelayan yang memiliki perahu tidak bisa tembus dari Sungai Tallo ke laut karena lebih rendah dari jembatan. Proyek ini harus bikin solusi, bukan masalah. Mereka enak karena nanti akan pergi tapi menyisakan banjir lagi,” ungkapnya Danny Pomanto, Minggu, (17/7/2022).

Hal ini yang membuat Ketua PC GP Ansor Makassar, Muhammad Rizal Burahmat, akhirnya angkat bicara dan sepakat dengan apa yang menjadi kebijakan dari Pemkot Makassar.