RAKYAT.NEWS, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat lonjakan penumpang pada libur idul adha 1444 Hijriah.  Tercatat, Sampai tanggal (2/7/2023) PT KAI mengangkut sebanyak puluhan ribu penumpang setiap harinya dan masih akan terus bertambah jumlah penumpangnya.

Baca Juga : Sulsel Tembus Lima Besar Siswa Terbanyak Diterima PTN, Ini Harapan Gubernur

Kereta dengan jumlah penumpang terbanyak ada pada KA Argo Parahyangan dengan relasi gambir – bandung PP dengan 74.653 penumpang. Selain pada KA Argo Parahyangan KA Serayu dengan relasi Pasar Senen – Purwokerto PP yang melintasi bandung via kiaracondong sebanyak 57.881 penumpang.

Untuk tujuan favorit liburan idul adha 1444 Hijriah dengan menggunakan Kereta Api ada pada beberapa kota yaitu; Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Solo, Purwokerto, Banyuwangi dan medan.

Vice President Public Relation PT KAI, Joni Martinus mengatakan KAI selalu berkomitmen untuk menyelenggarakan transportasi dimasa long weekend idul adha 2023 dengan nyaman dan aman.

“KAI berkomitment untuk menyelenggarakan transportasi melayani masyarakat di masa long week end Idul Adha 2023 dengan aman, nyaman dan bebas macet,” ujarnya

Selanjutnya, KAI mengingatkan kembali agar pelanggan KA agar memperhatikan aturan barang bawaan yakni volume maksimal adalah 20 kg atau volume 100 dm3 dengan dimensi maksimal 70 cm x 48 cm x 30 cm. Bagasi yang melebihi berat dan/atau ukuran sebagaimana dimaksud, sampai dengan setinggi-tingginya 40 kg atau dengan volume 200 dm3 (dengan dimensi maksimal 70 cm x 48 cm x 60 cm), diperbolehkan dibawa dengan dikenakan bea kelebihan bagasi atau membeli tempat duduk ekstra. 

Biaya tambahan atas begasi yaitu untuk kelas ekskutif Rp. 10.000,00 per kg, kelas bisnis Rp. 6.000,00 per kg dan kelas ekonomi Rp. 2.000,00 per kg.

Selain itu, pelanggan KA tidak boleh membawa barang-barang tertentu di dalam bagasi kereta api, diantaranya yaitu : Barang-barang yang mudah terbakar, Senjata api/ senjata tajam, Narkotika, obat-obatan terlarang dan zat aditif lainnya, benda/barang yang berbau menyengat serta hewan peliharaan.