RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menyelenggarakan Workshop Literasi Digital secara daring pada Senin, 7 Agustus 2023 dengan topik “Mengembangkan Potensi Desa Melalui Dunia Digital”.

Dalam merespon hal tersebut, Kemenkominfo menyelenggarakan “Workshop Literasi Digital” dengan tagline yaitu Makin Cakap Digital 2023 dengan Kelompok Masyarakat dan Komunitas Sumatera.

Bevaoola Kusumasari mengatakan Dunia Digital adalah Dunia Sekarang ini dan diharapkan untuk mampu beradaptasi dengan memebekali diri kita dengan Literasi Digital yang baik.

“Dunia Digital adalah Dunia Kita Sekarang ini, Kita diharapkan untuk mampu beradaptasi dengan memebekali diri kita dengan Literasi Digital yang baik,saatnya kita ber-netiket dalam memanfaatkan Internet untuk mengembangkan Potensi Desa melalui Teknologi Digital.” katanya

Dalam hal potensi desa digital, Anang Darmawan mengatakan Desa digital adalah sebuah konsep yang mengacu pada penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di pedesaan.

“Desa digital adalah sebuah konsep yang mengacu pada penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di pedesaan. Dalam konsep ini, TIK digunakan untuk meningkatkan pelayanan publik, pertanian, dan kemampuan ekonomi di desa. Desa digital bertujuan untuk mengubah pedesaan menjadi sebuah tempat yang modern, produktif, dan berdaya saing.” Jelasnya.

Ia juga menyebut teknologi informasi menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat. Namun, tidak semua masyarakat Indonesia memiliki akses yang sama terhadap teknologi informasi.

“Di era digital seperti sekarang ini, teknologi informasi menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat. Namun, tidak semua masyarakat Indonesia memiliki akses yang sama terhadap teknologi informasi.” katanya.

Anang Masduki mengatakan Individu yang cakap bermedia digital dinilai mampu mengetahui, memahami, dan menggunakan perangkat keras dan lunak dalam lanskap digital, mesin pencarian informasi, aplikasi percakapan dan media sosial, serta aplikasi dompet digital, lokapasar, dan transaksi digital.