Jakarta -Sarung mobil berfungsi sebagai pelapis atau pelindung badan mobil dari berbagai hal tak terduga. Mulai dari paparan panas sinar matahari, goresan, debu, hingga air hujan.

Lantas, bagaimana tips memilih sarung mobil yang pas dan awet supaya fungsi tersebut berjalan maksimal?

Dilansir dari situs Daihatsu, berbagai fungsi dan kegunaan sarung mobil bisa berjalan sebab terdapat dua komponen utama di dalamnya. Pada sisi luar sarung mobil umumnya bertindak sebagai penangkal sinar matahari langsung. Sedangkan sisi dalam sarung mobil berguna melindungi mobil dari goresan.

Banyaknya lapisan tersebut tergantung dari jenis sarung mobil yang dipilih. Semakin banyak lapisan, maka semakin terjamin pula keamanannya. Penting bagi pemilik mobil untuk mempertimbangkan keawetan daripada sarung mobil sebelum memutuskan membeli. Melansir Car Covers, berikut tips pilah-pilih sarung mobil supaya pas ukuran dan awet tahan lama selama pemakaian:

1. Tentukan Kebutuhan Pemakaian (Indoor atau Outdoor)

Meski sebagian besar sarung mobil indoor juga bisa digunakan untuk kebutuhan outdoor, namun hal itu tidak bisa bertahan dalam jangka waktu panjang. Pun fungsi yang ditawarkan masing-masing jenis sarung mobil berbeda. Mobil yang diparkir di luar ruangan akan membutuhkan sarung tangan yang dirancang khusus untuk menahan bahaya konstan dari kondisi cuaca buruk. Salah satu fitur yang menonjol, yakni tahan air.

2. Pilih Warna yang Tepat

Untuk kebutuhan di luar ruangan atau outdoor, sangat direkomendasikan untuk memilih sarung mobil yang berwarna cerah yang tidak mudah menyerap panas (penyerap kalor radiasi buruk) yang berbahaya bagi komponen eksterior mobil.

Selain itu, warna cerah juga bisa memantulkan semua paparan panas.

3. Sesuaikan Ukuran

Saat memilih ukuran sarung mobil, pastikan bahwa seluruh badan mobil tertutup secara sempurna. Maksudnya, sarung mobil dapat menutupi seluruh bagian mobil termasuk keempat ban mobil. Ini dilakukan mengingat ban yang terus menerus terkena sinar matahari dapat merusak kualitas karet ban.