JENEPONTO – Program organisasi penggerak Kemdikbud telah berjalan hampir 1 tahun. Dalam program yang bermuatan pengembangan literasi untuk anak usia dini ini, 19 PAUD di Kabupaten Jeneponto, Provinsi Sulawesi Selatan yang bersedia bergabung, mendapatkan pelatihan dan pendampingan dari KinaryaGagas Yayasan Anak Indonesia Bandung selama kurang lebih 3 tahun, sejak tahun 2021 – 2023.

Dari hasil survey di awal program, diketahui bahwa sebelum Program Organisasi Penggerak terlaksana, pelatihan yang diikuti oleh para guru sekolah sasaran sebatas pelatihan 1 – 3 jam atau paling lama dengan durasi 3 hari, kebanyakan berisi banyak teori tanpa dibekali praktik, apalagi disertai dengan pendampingan. Sehingga kebanyakan guru justru bingung saat akan mencoba mengimplementasikan, karena tidak ada contoh-contoh praktik yang sudah dilakukan. Akibatnya, pelatihan hanya tinggal pelatihan, berujung hanya sekedar pengetahuan tanpa ada implementasi.

Program Organisasi Penggerak (POP) merupakan satu gebrakan dari Kemdikbud, untuk para organisasi mitra terpilih dapat membagikan praktik baik yang telah berhasil dilakukan, kepada sekolah-sekolah sasaran di berbagai daerah di berbagai daerah di Indonesia dengan beragam metode, sehingga setelah program berakhir dalam 3 tahun, diharapkan sekolah-sekolah sasaran POP telah dapat mengimplementasikan praktik baik yang didapat dan mengimbaskannya kepada sekolah lain di lingkungan sekitarnya, sehingga semakiin banyak anak Indonesia yang kemampuan literasinya berkembang optimal sesuai usia dan tahapan perkembangannya.

 

Cara belajar yang paling baik adalah kepada yang sudah melakukan. Dalam hal guru, berarti belajar kepada guru lain yang telah mempunyai praktik baik dalam melaksanakan pembelajaran. KinaryaGagas sebagai divisi pelatihan dan pengembangan guru, beranggotakan guru-guru yang telah berpengalaman mengajar dan berbagi praktik baik dari Sekolah GagasCeria, terpilih untuk menjalankan amanat menjadi salah satu organisasi pelaksana Program Organisasi Penggerak dengan sekolah sasaran 19 PAUD di Kabupaten Jeneponto, Provinsi Sulawesi Selatan.