MOROWALI – PT Vale mewujudkan komitmennya di bidang pendidikan dengan membantu membangun Ruang Kelas Baru (RKB) Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Khairaat di Desa Kolono, Kecamatan Bungku Timur, Kabupaten Morowali, pada Senin (29/08/2022).

Manajemen PT Vale Indonesia Tbk mendampingi Wakil Bupati Morowali, Najamudin melakukan peletakan batu pertama pembangunan RKB. Pembangunan tersebut merupakan wujud komitmen PT Vale di bidang pendidikan.

PT Vale berkomitmen membantu masyarakat di bidang pendidikan, melalui Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) di area pemberdayannya. Program ini juga merupakan salah satu program kemitraan strategis PPM tahun 2022.

Pembangunannya telah dimulai dan ditargetkan selesai sebelum memasuki tahun ajaran baru 2023.

Sekolah Islam yang dibangun pada 2020 ini, memiliki tiga kelas dengan 108 siswa/siswi.

Wakil Bupati Najamudin mengatakan, Pemerintah Daerah (Pemda) bercita-cita memajukan daerah melalui sektor pendidikan, baik mental maupun spiritual. Harapannya, peserta didik tidak hanya berdaya saing di bidang industri tetapi juga harus unggul di bidang pendidikan agama.

“Namun, tidak dapat terwujud apabila daerah masih terbelenggu dalam keterbatasan khususnya keterbatasan anggaran,” kata Najmuddin.

Menurutnya, kolaborasi antara pemerintah dan pihak swasta telah dibuktikan dengan kerja nyata. Satu per satu program telah terealisasi khususnya pembangunan yang dilaksanakan bermuara pada kemajuan daerah baik secara ekonomi maupun religiusitas yang saling beriringan.

“Banyak yang telah dikerjakan mulai dari bantuan sosial, pembangunan infrastruktur jalan, penerangan, infrastruktur pendidikan termasuk pembangunan di bidang agama. Morowali sebagai daerah industri, mengantisipasi tantangan zaman di masa depan dengan kemajuan ekonomi akan berjalan beriringan dengan pembangunan mental dan spiritualitas,” imbuhnya.

Sementara itu, Manager External Relations PT Vale Area Morowali, Asriani Amiruddin mengatakan, program yang dilaksanakan merupakan wujud dukungan PT Vale dalam peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kab. Morowali di bidang pendidikan.