RAKYAT.NEWS, JAKARTA – 14 orang saksi telah diperiksa buntut dari peristiwa kebakaran Gedung A Museum Nasional yang terjadi pada Sabtu malam, 16 September 2023.

Belasan saksi itu di antaranya merupakan sekuriti, pekerja museum, hingga tukang bangunan yang sedang melakukan proses renovasi di Gedung C Museum Nasional.

“Saat ini masih interogasi, masih terus dilakukan berjalan, sampai dengan siang hari ini ada 14 yang secara bergantian (kita periksa),” kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Komarudin dikutip dari CNNIndonesia.com.

Polisi juga telah membangun posko terpadu yang fungsinya untuk menggali berbagai informasi terkait peristiwa kebakaran tersebut.

“Untuk melakukan menggali informasi lebih dalam lagi terkait dengan apa yang terjadi serta siapa yang melihat dan aktivitas keseharian mereka,” ucap dia.

Dalam proses penyelidikan ini, kata Komarudin, pihaknya juga telah mengamankan sejumlah rekaman CCTV untuk bisa mengungkap penyebab kebakaran.

“Iya ada (rekaman CCTV yang diamankan) di beberapa titik yang diamankan. Untuk pastinya nanti setelah terkumpul ya,” ujarnya.

Kebakaran terjadi di Museum Nasional atau Museum Gajah pada Sabtu (16/9) sekitar pukul 20.00 WIB. Menurut seorang petugas kepolisian yang bertugas di TKP, api telah berhasil dipadamkan sebelum pukul 21.00 WIB.

Akibat dari kebakaran tersebut, Museum Nasional akan ditutup sementara untuk umum. Belum diketahui sampai kapan museum tersebut akan dibuka kembali.

Atas insiden kebakaran ini, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim mendorong pihak kepolisian segera melakukan investigasi.

“Jadi ini merupakan hal yang sangat menyedihkan buat kami, bahwa ini bisa terjadi,” kata Nadiem.

“Tentunya tadi kami juga berbicara dengan aparat kepolisian untuk bisa segera melakukan investigasi mengenai apa alasan dan penyebab kebakaran tersebut,” lanjutnya.