MANCHESTER – FIFA yang dipercayakan melakukan survei pada Juli 2021 menemukan sebagian besar penggemar menginginkan piala dunia diselenggarakan setiap dua tahun.

Baca Juga : Debut Trio MNM PSG, Messi Tampil Mencolok

Survei tersebut dilakukan oleh FIFA melalui IRIS dan Yougov kepada 23.000 orang di 23 negara dan mendapatkan 15.000 responden.

“Lima belas ribu responden diidentifikasi menyatakan minat pada sepak bola dan Piala Dunia FIFA, dari survei riset pasar yang lebih luas yang melibatkan 23.000 orang di 23 negara, di enam konfederasi, ditugaskan melalui IRIS dan YouGov, pakar industri independen,” kata FIFA dalam sebuah pernyataan dikutip dari skysports.com, Kamis (16/09/2021).

Hasil survei menunjukkan sebagian besar ingin lebih sering melihat Piala Dunia atau pegelarannya dua tahun sekali.

“Mayoritas penggemar ingin melihat lebih sering Piala Dunia FIFA pria, mayoritas ini, frekuensi yang disukai adalah dua tahunan. Ada perbedaan besar antara apa yang disebut pasar tradisional dan pasar sepak bola berkembang. Generasi muda di semua wilayah lebih terbuka dan tertarik pada perubahan daripada generasi yang lebih tua,” katanya.

Rencana FIFA memperluas wilayah survei ke 100.000 di 100 negara sedang berlangsung dan akan dipublikan pada waktunya. Hal tersebut juga akan menjadi bahan konsultasi bagi pihaknya.

Sementara itu, UEFA menentang proposal perencanaan piala dunia dua tahunan dan akan memboikot apabila FIFA tetap membicarakan secara serius.