MAKASSAR – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) menggelar Rapat Teknis Persiapan untuk mempersiapkan tiga agenda besar yaitu DJKI Mengajar, Yasonna Mendengar, dan Roving Seminar KI. Rapat ini berlangsung di Aula Kanwil pada Senin (19/9/2022).

Baca Juga : Kakanwil Kemenkumham Sulsel Evaluasi Capaian Kinerja 33 UPT

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil), Liberti Sitinjak dalam kesempatan ini menyampaikan program yang telah dipersiapkan dalam rangkaian kegiatan Menkumham di Makassar, yaitu: Yasona Mendengar dimana, Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly ketemu dengan jajaran pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM); Yasona Mengajar dimana, Menkumham Yasonna dan Walikota akan mampir ke berbagai sekolah di Makassar. Di sana beliau akan mengajar tentang Kekayaan Intelektual (KI); dan Roving Seminar dimana, Menkumham Yasonna dengan seluruh peserta akan melakukan seminar tentang KI.

ketiga rangkaian kegiatan tersebut selain dihadiri oleh Menkumham Yasonna Laoly akan dihadiri juga oleh 4 (empat) Menteri yaitu Menteri Perindustrian dan Perdangangan (Memperindag), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), dan Menteri Koperasi dan UMKM (Menkop UMKM).

“Karena 5 menteri hadir, kami  secara resmi menyampaikan kepada Pak Sekda untuk dapat bersama – sama memberikan pelayanan terbaik,” katanya.

Sementara itu, Sekda Sulsel, Abdul Hayat Gani mengatakan pihaknya berkeinginan agar Sulsel menjadi tuan rumah yang baik karena event ini ditujukan untuk seluruh warga Sulsel. Untuk itu, pihaknya akan mensukseskan event terebut.

Terkait dengan kedatangan menteri, Gani ingin memastikan agar sudah ditentukan teknis pelaksanaan mulai dari penjemputan ke bandara, penentuan petugas penjemputan para menteri, penentuan hotel, dan kendaraan yang akan dipakai. Untuk kelancaran hal tersebut, berbagai stakeholder akan dilibatkan, termasuk dengan jajaran Walikota Makassar. 

Selain kedatangan para menteri, event ini akan dihadiri oleh Para Gubernur dari 5 (lima) provinsi yaitu Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Sulsel, ditambah jajaran dari 24 Kab/Kota se-Sulsel. Event ini juga menghadirkan jajaran dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) se-Sulsel, Para Rektor, Para Dekan, Jajaran Lembaga Penelitian Pengabdia Masyarakat (LPPM), Perwakilan Kampus di Makassar, dan Lembaga Pengabdian Masyarakat.

Gelaran rapat teknis ini, turut dihadiri Jajaran Kepala Divisi Kanwil Kemenkumham Sulsel, Jajaran Sekda Prov Sulsel, dan Jajaran Walikota Makassar, serva Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi (Prov) Sulsel dan Jajaran Pemerintah Kota Makassar.