MANCHESTER – Mantan Pelatih Arsenal, Arsene Wenger memberikan tanggapan terkait Proposal Piala Dunia Dua Tahunan yang dibuat oleh FIFA melalui hasil survei pada Juli 2021.

Baca Juga : UEFA Ancam Boikot Rencana Piala Dunia Dua Tahunan

Rencana penyelenggaraan piala dunia dua tahunan ini didukung oleh hasil survei FIFA melibatkan IRIS dan Yougov kepada 23.000 orang dari 23 negara dan mendapatkan responden sebanyak 15.000 dengan keinginan sebagian besar penggemar untuk lebih sering melihat kompetisi tersebut.

Kepala Pengembangan Sepak Bola Global FIFA, Arsene Wenger menyatakan mendukung proposal tersebut untuk dibicarakan secara serius dengan melibatkan banyak pihak.

“Bahwa status quo menyebabkan terlalu banyak gangguan dan memaksa pemain untuk melakukan terlalu banyak perjalanan jauh di seluruh dunia untuk kualifikasi dan pertandingan persahabatan,” katanya dikutip dari metro.us, Kamis (16/09/2021).

Dia mengatakan dengan rencana perubahan melalui proposal tersebut akan merampingkan proses sambil menjaga keseimbangan sepak bola klub 80% dan tim nasional 20%.

Di pihak lain, Presiden UEFA, Alexander Caferin, mengatakan menolak bahkan akan mengancam boikot penyelenggaraan piala dunia dua tahunan apabila FIFA tetap bersikeras sebab bertentangan dengan keinginan organisasinya.

Rencana FIFA memperluas wilayah survei ke 100.000 di 100 negara sedang berlangsung dan akan dipublikan pada waktunya. Hal tersebut juga akan menjadi bahan konsultasi bagi pihaknya.