RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Hasil evaluasi akhir pelaksanaan reformasi birokrasi (RB) akan segera diumumkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Sebelum pengumuman tersebut dapat dilakukan, para evaluator di tingkat meso harus terlebih dahulu menyampaikan hasil penilaian yang merupakan komponen dari indeks RB. Hal ini disampaikan Asisten Deputi Perumusan dan Koordinasi Kebijakan Penerapan Reformasi Birokrasi Kementerian PANRB, Agus Uji Hantara saat membuka kegiatan Penginputan Hasil Evaluasi Reformasi Birokrasi (RB) Kementerian/Lembaga Meso dan Sosialisasi RB Xperience di Jakarta, pada Kamis (9/11/2023).

“Hasil evaluasi oleh Evaluator Meso ini jadi salah satu komponen untuk menetapkan besaran nilai dan predikat indeks reformasi birokrasi, maka kolaborasi harus kita kuatkan, kita bangun sama-sama kekompakan rekan-rekan K/L Meso,” ujarnya.

Berdasarkan Peraturan Menteri PANRB No. 9/2023 tentang Evaluasi Reformasi Birokrasi, Evaluator Meso harus melaporkan hasil evaluasi kepada Evaluator Nasional melalui sistem informasi evaluasi reformasi birokrasi nasional paling lambat tanggal 15 November setiap tahun. Sistem informasi tersebut telah diluncurkan Kementerian PANRB pada akhir September 2023 dan dapat diakses melalui https://portalrb.menpan.go.id/.

“Portal Reformasi Birokrasi Nasional ini merupakan media untuk mendokumentasikan dampak-dampak dari reformasi birokrasi yang selama ini belum terarsipkan dengan baik,” ungkapnya.

Portal RB Nasional juga memiliki fitur ruang belajar yang mewadahi knowledge management system RB Nasional. Selain itu, portal ini akan menjadi rujukan informasi seputar data dan statistik birokrasi nasional.

Lebih lanjut dijelaskan, evaluasi yang dilakukan oleh Evaluator Meso dan Evaluator Nasional atau yang dikenal dengan Evaluasi Eksternal bertujuan untuk mendapatkan gambaran objektif perkembangan dan dampak RB kementerian/lembaga/pemerintah daerah jika dibandingkan dengan sasaran dan tujuan reformasi birokrasi. Output ini adalah Laporan Hasil Evaluasi (LHE) RB kementerian/lembaga/pemerintah daerah yang didalamnya memuat besaran indeks RB serta rekomendasi yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan reformasi birokrasi kementerian/lembaga/pemerintah daerah.

Evaluasi eksternal ini juga bisa memberikan gambaran atas ketercapaian hasil dan dampak RB serta memberikan rekomendasi berupa upaya-upaya yang perlu dilakukan kementerian/lembaga/pemerintah daerah untuk meningkatkan pencapaian tujuan dan sasaran. Nantinya, upaya-upaya tersebut akan menjadi pertimbangan dalam penyusunan rencana aksi tahun berikutnya.

Tidak hanya memastikan progres evaluator berjalan sesuai timeline, pada kesempatan ini Kementerian PANRB juga melakukan pendampingan pada tim teknis yang akan menginput data-data ke dalam portal. Selain itu dilakukan pula sosialisasi penyelenggaraan RB Xperience yang akan diselenggarakan pada 5-6 Desember 2023 oleh Analis Kebijakan Muda pada unit Kerja Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Anesia Ribka.

“RB Xperience ini akan menjadi wadah untuk peserta melakukan  knowledge sharing lewat peer teaching, ada pula coaching clinic, serta akan ada kegiatan Apresiasi dan Penyerahan Hasil Evaluasi RB, SAKIP dan ZI 2023,” ungkapnya.

Kegiatan RB Xperience akan dihadiri oleh peserta yang terbagi menjadi 84 Kementerian/Lembaga, 38 Provinsi dan 514 Kabupaten/Kota, kementerian/lembaga, akademisi dari perguruan tinggi serta perwakilan nonpemerintah dengan total peserta kurang lebih 2.300 orang. Informasi teranyar seputar pelaksanaan RB Xperience dapat diakses di kanal resmi Kementerian PANRB atau melalui instagram @rbkunwas.