MAKASSAR – Sebagai wujud pengakuan dan apresiasi publik atas pelaksanaan CSR atau TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan) di sekitar wilayah operasi perusahaan, Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi berhasil memperoleh 2 penghargaan sekaligus pada ajang Nusantara CSR Awards yang diselenggarakan oleh La Tofi School of CSR pada Rabu (15/9/2021) malam tadi.

Baca juga : 900 Ribu Tabung LPG di Siapkan Pertamina Sulawesi Jelang Idul Adha

Raihan tersebut diperoleh untuk program CSR Aplikasi Probiotik yang mendukung ketahanan pangan milik Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Hasanuddin di Maros yang memenangkan penghargaan dalam kategori Integrasi Program untuk Dampak Luas dan program CSR Sekolah Anak Percaya Diri milik Integrated Terminal Makassar yang meraih penghargaan pada kategori Peningkatan Mutu Pendidikan.

Program Aplikasi Probiotik di Maros adalah program yang kegiatannya memproduksi mikroorganisme (bakteri) secara massal yang aman untuk penggunaan budidaya pertanian, perikanan dan peternakan.

Hasil budidaya dengan memanfaatkan probiotik tersebut digunakan sebagai tambahan makanan bernutrisi warga di sekitar DPPU Hasanudin hingga berhasil di replikasi di Desa Cindakko, Kelurahan Tompobulu, Kabupaten Maros untuk pupuk tanaman dan budidaya udang vannamei di Kabupaten Pinrang sehingga dipandang oleh dewan juri pantas dan meyakinkan memenangkan kategori tersebut.

Program ini juga mampu mendatangkan tambahan pendapatan kelompok budidaya udang sebesar Rp 28.010.00,- setiap kali panen dari sebelumnya hanya menggunakan pakan biasa akibat rasio pakan yang berkurang.

Perbaikan kualitas air, ketahanan udang terhadap penyakit dan limbah buangan yang ramah lingkungan menjadi dampak lain dari program ini.

Sedangkan Program Sekolah Anak Percaya Diri yang berlokasi di Kelurahan Pattingaloang, Ujung Tanah, Kota Makassar mampu membangun mental health anak-anak yang berlokasi di sekitar pelabuhan yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) baik secara langsung maupun tidak langsung.