RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Juru Bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simajuntak menegaskan paslon Prabowo-Gibran siap dengan semua format debat yang diputuskan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Bila perlu ada sesi khusus debat capres dan cawapres tersendiri pakai bahasa Inggris saja kami siap,” tulis Dahnil melalui akun X @Dahnilanzar, Sabtu (2/12), dikutip dari CNNIndonesia.com.

Melalui pernyataan itu, Dahnil sekaligus menyanggah isu yang menyatakan ada upaya menghilangkan debat cawapres. Dia membantah hal tersebut.

“Jadi, framing seolah ada upaya menghilangkan debat cawapres, itu tuduhan yg jahat,” kata dia.

KPU telah menetapkan jadwal debat kandidat Pilpres 2024. Terdiri dari tiga debat capres dan dua debat cawapres.

Di sesi debat cawapres, capres akan ikut mendampingi. Ketua KPU, Hasyim Asy’ari menyebut format baru itu merupakan kesepakatan bersama tiga tim pemenangan paslon dalam rapat bersama KPU.

Anggota Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran, Drajad H. Wibowo menyebut format baru itu pertama kali diusulkan oleh kubu Anies-Muhaimin kala rapat bersama KPU di Kantor KPU pada 29 November 2023 lalu.

Ia menyebut usulan itu disampaikan seorang wanita yang mewakili AMIN di dalam rapat. Namun, notulis dari TKN tak mengetahui pasti nama pengusul itu.

Tim Nasional Pemenangan AMIN mengaku belum mengetahui sosok yang disebut oleh Drajad. Mereka pun tengah mendalami siapa yang menjadi perwakilan Amin dalam rapat tersebut.

“Kami belum ada konfirmasi untuk siapa yang hadir, sedang dalami,” kata Indra, di Medan, Sumatra Utara, Minggu (3/11).