RAKYAT.NEWS,JAKARTA – Tim dari ketiga pasangan capres-cawapres akan kembali berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu (6/12/2023) besok. Salah satu yang akan dibahas terkait format debat peserta Pilpres 2024.

“Rencana rapat lanjutan Rabu 6 Desember 2023 siang,” kata Ketua KPU, Hasyim, Selasa (5/12/2023), dikutip dari CNNIndonesia.com.

Selain format, Hasyim juga menyebut KPU dan tim paslon akan membahas mengenai tema, panelis dan moderator. Adapun terkait lokasi, debat perdana akan digelar di Kantor KPU, Jakarta, 12 Desember 2023.

Debat capres-cawapres akan digelar sebanyak lima kali. KPU memutuskan debat capres dan cawapres Pilpres 2024 tak digelar secara terpisah dalam lima kali gelaran.

Hasyim mengatakan semua pasangan calon akan hadir bersamaan.

“Pada dasarnya, dalam pertemuan KPU dengan pasangan calon, lima kali debat itu, pasangan calon semuanya hadir,” kata Hasyim di kantor KPU, Kamis (30/11/2023) lalu.

Hasyim menjelaskan ketentuan itu untuk menunjukkan kepada publik jika para paslon yang bertanding merupakan kesatuan dan mesti bekerja sama.

Meski demikian, Hasyim mengatakan tetap ada pembagian proporsi pada lima gelaran debat. Dari lima kali debat, tiga di antaranya merupakan debat capres dan dua debat cawapres.

Saat debat capres, kata Hasyim, maka porsi capres untuk bicara akan lebih banyak. Begitu pula saat debat cawapres.

“Ketika debat cawapres, maka proporsinya cawapres juga yang lebih banyak,” ucap dia.

Hasyim mengatakan aturan itu telah disepakati semua paslon. Hal itu diungkapkan sekaligus membantah tuduhan jika ada permintaan salah satu paslon.