RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Sekretaris Inspektorat Jenderal (Ses Itjen) Kementerian Pertahanan (Kemhan), Marsma TNI Sugiharto Prapto W, membuka resmi Bimbingan Teknis Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (Bimtek P3DN) tentang perhitungan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dalam proses pengadaan barang dan jasa pemerintah di lingkungan Kemhan, agenda berlangsung di Gedung A.H Nasution Kemhan, Selasa (5/11/2023).

Kegiatan Bimtek ini dihadiri peserta dari satuan kerja di lingkungan Kemhan dan rekan penyedia barang/jasa.

Sugiharto mengatakan, kegiatan Bimtek P3DN ini merupakan upaya Kemhan mendukung pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional.

“Agar dapat mewujudkan program peningkatan penggunaan produk dalam negeri atau P3DN,” kata Sugiharto.

Sugiharto berharap, kementerian atau lembaga menggunakan dan mengoptimalkan produk-produk dalam negeri, membangkitkan semangat nasionalisme, mencintai serta memberdayakan industri dalam negeri agar dapat menjamin kemandirian dan stabilitas nasional.

“Harapannya ke depan para pejabat pembuat komitmen Pokja/pejabat pengadaan barang dan jasa di lingkungan Kementerian Pertahanan dapat meimplementasikan percepatan penggunaan produk dalam negeri yang dimulai dari perencanaan, persiapan, pemilihan penyedia dan mitra penyedia pengadaan dapat terfasilitasi dengan sertifikasi yang menjadi prasyarat pada pengadaan barang dan jasa sesuai ketentuan Pasal 61 PP Nomor 29 Tahun 2018,” katanya.

Turut hadir mendampingi Ses Itjen Kemhan dalam kegiatan ini, Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Setjen Kemhan, Brigjen TNI Frans Dicky Tamara.