RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka nyatakan dirinya telah melakukan simulasi debat dan siap untuk mengikuti sesi debat yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Sudah-sudah (siap), sudah simulasi juga,” kata dia usai kampanye di Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Sabtu (9/12/2023), dikutip dari CNNIndonesia.com.

Gibran juga mengaku sudah berkonsultasi dengan akademisi terkait debat yang bakal dilaksanakan mulai pekan depan itu.

Debat kandidat Pilpres 2024 merupakan salah satu rangkaian kampanye yang difasilitasi KPU. Ada lima kali debat yang akan dihelat sepanjang masa kampanye.

Semuanya harus dihadiri oleh peserta Pilpres 2024, antara lain Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

KPU menetapkan tiga debat capres dan dua debat cawapres. Dalam sesi debat cawapres, para capres akan turut mendampingi di podium.

Berikut tema dan jadwal debat kandidat Pilpres 2024 yang akan dihelat KPU.

Debat I, Selasa (12/12/2023)

Tema: Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik, dan Kerukunan Warga (capres)

Debat II, Jumat (22/12/2023)

Ekonomi Kerakyatan, Ekonomi Digital, Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN/APBD, Infrastruktur, dan perkotaan (cawapres)

Debat III, Minggu (7/1/2024)

Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, dan Geopolitik (capres)

Debat IV, Minggu (21/1/2024)

Pembangunan Berkelanjutan, SDA, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria Masyarakat Adat dan desa. (cawapres)

Debat V, Minggu (4/12/2023)

Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, SDM, dan Inklusi.