RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat (Jakpus) atau tepatnya di depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan disterilisasi saat debat perdana capres-cawapres berlangsung.

“Misalnya untuk debat capres yang pertama, kan kita mau sterilisasi. Misalnya jalur depan, Jalan Imam Bonjol, itu akan dikosongkan,” kata Komisioner KPU RI, August Mellaz di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (9/12/2023), dikutip dari detikcom.

Mellaz menuturkan KPU akan berkoordinasi dengan kepolisian terkait sterilisasi jalan. Mellaz mengatakan upaya tersebut dilakukan mengingat di beberapa tahapan pemilu, salah satunya penetapan nomor urut, massa pendukung capres-cawapres membludak.

Selain itu, kata Mellaz, sterilisasi jalan juga dilakukan agar mempermudah tamu undangan saat memasuki arena debat. Dia menyebut hal itu perlu kematangan dan koordinasi yang baik antara KPU dengan Kepolisian.

“Termasuk nanti urusan tamu segala macam, tamu-tamu VIP yang harus bawa kendaraan nanti bagaimana, itu semuanya tentu koordinasinya butuh dengan pihak keamanan,” jelasnya.

KPU, kata Mellaz, berupaya untuk membuat proses debat dapat berlangsung dengan fokus. Maka, dia menjelaskan nantinya panggung debat akan dibuat tertutup.

“Yang jelas memang kalau debat ini kan kita butuh secure itu bukan dalam arti sekedar keamanan ya. Kalau keamanan satu hal, tapi yang jelas secure itu dalam artian biar diskusinya debatnya bisa fokus sebenarnya, makanya akan dibikin tertutup,” paparnya.

“Sehingga dengan demikian dibikin tertutup dan menghindari noise, maka jalan depan tidak lagi untuk massa,” lanjutnya.

Debat perdana akan digelar di Kantor KPU RI pada Selasa (12/12/2023). Tema debat perdana untuk capres itu yakni pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik dan kerukunan warga.