Jakarta – Pasca dikritik oleh Presiden Joko Widodo, Divisi Hubungan Masyarakat (Humas) Polri menggelar festival lomba mural akan dalam rangka memperebutkan hadiah berupa piala Kapolri. Kegiatan tersebut kiranya akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2021.

Baca Juga: Agung Sucipto Bersaksi Nurdin Abdullah Tak Terlibat Dalam OTT

Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Argo Yuwono, mengungkapkan bahwa pihaknya membenarkan rencana lomba mural tersebut dan rencananya akan digelar akhir bulan Oktober 2021 nanti.

“Iya (benar), rencana akhir Oktober,” kata Argo kepada wartawan Asumsi.co, Jumat (17/9/2021).

Namun, Argo enggan memyertakan syarat dan hadiah dalam lomba tersebut, tetapi menurut informasi yang dihimpun, pelaksanaan kegiatan itu pada tanggal 30-31 Oktober 2021.

Pasca serangkaian penghapusan terhadap mural yang berisikan kritikan terhadap pemerintah seperti ‘Tuhan Aku Lapar’, ‘404: Not Found’, hingga ‘Dipaksa Sehat di Negeri Yang Sakit’ lomba mural berhadiah Piala Kapolri kemudian muncul.

Kritikan dari sejumlah kelompok warga sipil atas tindakan pemerintah menghapus mural-mural tersebut menurut mereka tindakan tersebut merupakan bentuk pembatasan terhadap kebebasan berekspresi masyarakat.

Beberapa waktu lalu lomba mural bertema ‘#DIBUNGKAM’ digelar oleh Gejayan Memanggil setelah sejumlah mural berisi kritikan terhadap pemerintah di sejumlah wilayah dihapus oleh aparat.

Menanggapi hal tersebut, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, mengatakan bawha telah menegur Kapolri terkait tindakan reaktif aparat terhadap pelaku mural berisi kritik ke pemerintah.

“Saya sudah tegur Kapolri soal ini,” ujar Jokowi dalam pertemuan dengan sejumlah pemimpin redaksi media di Istana Kepresidenan pada Rabu (15/9).