RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Politikus PDI Perjuangan, Aria Bima memaklumi beberapa gimik dan gestur cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming saat debat keempat Pilpres 2024, pada Minggu (21/1/2024) malam.

Aria mengaku memaklumi karena usia Gibran masih tergolong muda. Ia mengatakan, hal ini yang menyebabkan UU Pemilu sebelumnya mengharuskan capres cawapres harus berusia minimal 40 tahun.

“Karena dia anak muda, ya mungkin ini alasan kenapa harus di atas 40 tahun ya, karena memang pemimpin tidak hanya pintar tapi harus matang dan dewasa,” katanya.

Lebih lanjut, Aria menilai kedewasaan dan kematangan seseorang merupakan proses pembentukan karakter. Lebih lanjut, menurutnya, Gibran masih terkesan kekanak-kanakan saat menunjukkan gestur dan gimik tertentu saat debat.

Anggota DPR dari fraksi PDIP ini pun meyakini, alasan presiden dan wakil presiden harus berusia di atas 40 tahun karena menentukan kedewasaan dan kematangan seorang pemimpin.

“Saya semakin yakin itu, karena pemimpin untuk urus Indonesia ini perlu ‘Wening’ (Tenang) kalau orang Jawa. Kemudian matang dan dewasa. saya kira itu,” katanya.

Cawapres nomor urut 1 dan 3, Muhaimin Iskandar dan Mahfud MD sempat terlibat aksi saling sindir dengan Gibran dalam debat keempat pilpres yang mengusung tema soal lingkungan, energi, hingga pangan. Cak Imin misalnya, menegaskan setiap diskusi memiliki etika. Hal itu ia sampaikan usai Gibran menanyakan maksud lithium ferro phosphate (LFP) yang menurutnya selama ini digaungkan Anies-Muhaimin.

“Termasuk kita diskusi di sini, bukan tebak-tebakan definisi atau singkatan. Kita levelnya policy dan kebijakan. Prinsipnya sederhana, semua kembali kepada etika pak Gibran, sekali lagi etika” katanya.

Begitu pula Mahfud yang kecewa dan enggan menanggapi lebih jauh soal pertanyaan Gibran soal greenflation yang dianggap hanya menjebak.

“Kalau akademis itu, gampangnya kalau bertanya-tanya yang kayak gitu recehan. Oleh sebab itu, itu tidak layak dijawab menurut saya,” ucap Mahfud.

KPU menggelar kandidat Pilpres 2024 yang keempat di Jakarta Convention Center (JCC) pada Minggu malam (21/1/2024). Kali ini para calon wakil presiden yang beradu gagasan. Mereka adalah Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD.

(rn/cnn)