RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Menteri Desa Pembangunan Dearah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar melantik Lalu Syaifuddin sebagai Inspektur II Inspektorat Jenderal (Irjen) Kemendes PDTT di Jakarta, Selasa (13/2/2024).

Menteri yang akrab disapa Gus Halim ini berharap kehadiran Lalu Syaifuddin memberikan suasana baru di Kementerian Desa PDTT.

“Kita ingin suasana kerja tidak monoton dan salah satunya harus ada variasi profesionalitas,” kata Gus Halim dalam keterangan yang diterima Rakyat News, Selasa (13/2/2024).

Pelantikan ini merujuk pada Keputusan Menteri Desa PDTT Nomor 52 Tahun 2024 tentang Pengangkatan Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Kemendes PDTT.

Lalu Syaifuddin diketahui berasal dari institusi Kejaksaan Agung (Kejagung).

Dalam arahannya, Gus Halim mengucapkan selamat datang kepada Lalu Syaifuddin di Kemendes PDTT. “Saya percaya Saudara bisa menjalankan tanggung jawab sebaik-baiknya,” ujarnya.

Menurut Gus Halim, pada pelantikan ini, Kemendes PDTT mendapatkan dua hal. Pertama, memperoleh pengalaman yang sangat bagus terkait pengisian jabatan, di mana ternyata tidak hanya melalui proses bidding.

“Saya nilai pengisian jabatan model seperti ini sangat efektif,” katanya.

Kedua, Kemendes PDTT bisa membangun sinergitas antar lembaga dengan maksimal.

Apalagi sesuai dengan amanat Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), bahwa di akhir kepemimpinan Presiden Joko Widodo(Jokowi) harus menyelesaikan Pekerjaan Rumah (PR) yang berkaitan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK.

“PR itu harus diselesaikan agar di akhir pemerintahan Presiden Jokowi kita bisa berikan legacy terhadap hasil pemeriksaan,” ujarnya.

Hingga akhirnya ditemukan pola penyelesaian yang dimulai dengan permohonan kepada Jaksa Agung untuk berikan dukungan personel agar PR tersebut bisa diselesaikan dengan baik.

“Suatu saat nanti ada dari kalangan Kepolisian, BPK dan perbankan yang masuk hingga banyak inovasi baru dan jadi harapan baru dalam performa birokrasi,” kata Halim.