RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) akan melakukan penguatan akuntabilitas kinerja, reformasi birokrasi, dan zona integritas pada Pemerintah Daerah (Pemda) prioritas di Jakarta. Kegiatan ini diharapkan mempercepat manfaat RB berdampak di tanah air.

Pemda prioritas merupakan Pemda yang nilai akuntabilitas kinerja dan reformasi birokrasinya masih di bawah B ataupun belum memiliki unit kerja berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas menyampaikan bahwa untuk menjalankan reformasi birokrasi berdampak, membutuhkan komitmen dari semua lini.

“Reformasi birokrasi yang dilakukan saat ini berfokus pada hasil dan dampak yang dirasakan masyarakat. Komitmen dari seluruh instansi pemerintah sangat penting,” ujarnya di Jakarta, Selasa (20/2/2024).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong reformasi birokrasi berdampak, birokrasi bukan sekadar tumpukan kertas serta birokrasi lincah dan cepat. Tagline yang diusung Kementerian PANRB ‘bergerak untuk reformasi birokrasi berdampak’ merupakan penjabaran dari arahan Presiden.

Untuk mempercepat pelaksanaan reformasi birokrasi berdampak, Kementerian PANRB mendorong Pemda prioritas agar arahan Presiden segera terwujud.

Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian PANRB, Erwan Agus Purwanto mengatakan, pembinaan dilakukan dengan meningkatkan pemahaman yang komprehensif terkait implementasi SAKIP, RB, dan ZI.

“Ini dilakukan mengingat masih rendahnya pemahaman serta implementasi kebijakan SAKIP, RB, dan ZI,” ujar Erwan.

Kegiatan tersebut akan menghadirkan narasumber dari Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan serta Kementerian Dalam Negeri yang terlibat dalam pembinaan pemerintah daerah.

Erwan menjelaskan implementasi SAKIP pada level kementerian/lembaga, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten/kota telah menunjukkan perkembangan yang cukup positif sejak tahun 2016 sampai tahun 2022.