RAKYAT.NEWS, MAROS – Penerbangan rute Makassar-Banjarmasin yang dibuka maskapai Lion Air, resmi beroperasi mulai hari ini, Rabu (3/3/2024).

Rute penerbangan tersebut diinisiasi oleh Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin, bersama Kapolda Sulawesi Selatan serta jajaran Forkopimda. Tujuannya, untuk memudahkan mobilisasi masyarakat Sulawesi Selatan di Kalimantan Selatan, maupun sebaliknya.

Dengan adanya rute terbaru itu, selain cepat, juga lebih murah. Sebelum adanya penerbangan Makassar-Banjarmasin, para penumpang harus transit ke Surabaya atau Jakarta.

Pada Agustus mendatang, kata Bahtiar, Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara menjadi tujuan baru masyarakat. Hal itu diakibatkan aktivitas pemerintahan pada saat itu telah berlangsung di Penajem Paser Utara, Kalimantan Selatan.

“Secara langsung inilah yang diinginkan oleh Bapak Presiden Jokowi, membuka jalur penerbangan, jalur laut, ini benar-benar mendukung ekosistem ekonomi baru, ekosistem sosial baru, ekosistem pemerintahan pasca IKN dan IKN itu sekarang ini, pada bulan Agustus itu sudah di sana semua pemerintahan,” kata Bahtiar.

Untuk memenuhi keinginan Jokowi itu, kata Bahtiar, perlu armada penerbangan yang memadai. Selain itu, rute Makassar-Banjarmasin ini menjadi jalan untuk pererat hubungan persaudaraan antara masyarakat Sulawesi Selatan dengan Kalimantan Selatan.

“Nah makanya kita perlu armada penerbangan yang mendukung pelayanan publik di Sulawesi Selatan ini. Bukan sekedar ekonomi, tapi ini adalah jembatan keluarga, jadi erat lagi hubungan dengan Provinsi Sulsel,” kata Bahtiar.

Dalam hal ini, Lion Group juga mengambil peran dalam mendukung ekosistem ekonomi baru, dan siap terbang dengan rute Makassar-Banjarmasin.

Dalam keterangan resmi, Rabu (3/4/2024), Bahtiar mengklaim Kalimantan Selatan dengan Sulawesi Selatan adalah keluarga jika dilihat dari sisi budaya. Hal itu menurutnya telah terjadi secara alamiah selama ratusan tahun yang pada saat itu,orang-orang suku Bugis Makassar, hidup di Kalimantan. Hampir seluruh Kalimantan, termasuk wilayah Kalimantan Selatan.