JAKARTA – Terdapat 11 kru redaksi Narasi yang disebutkan oleh Pemimpin Redaksi Narasi, Zen RS alami peretasan serentak terhadap akun sosial media mereka yakni Instagram, Facebook, hingga Telegram dan Whatsapp.

Baca Juga: Dinas Pertanian Lutra Sosialisasi Permentan No.10 Tahun 2022

Zen menjelaskan hal itu awalnya kali diketahui pada Sabtu (24/9) kemarin, saat nomor Whatsapp salah satu kru menerima pesan yang berisikan rentetan tautan.

“Nomor Whatsapp milik Akbar Wijaya atau Jay Akbar, salah seorang produser @narasinewsroom, menerima pesan singkat melalui Whatsapp sekitar pukul 15.29 WIB yang berisi sejumlah tautan,” kata Zen dilansir dari CNNIndonesia.com.

Meski Jay tidak membuka satu pun tautan yang dibagikan tersebut, tapi hampir sekitar 10 detik setelah pesan itu dibaca ia langsung kehilangan kendali atas akun Whatsapp miliknya.

Bukan hanya akun Whatsapp, nomor telepon miliknya juga belum dapat diakses oleh Jay. Rentetan kejadian peretasan serupa kemudian dialami awak redaksi yang lain melalui akun media sosial masing-masing.

Lanjut Zen, sejak itulah pada dua jam berikutnya, satu per satu awak redaksi alami peretasan.

“Sejak saat itu, hingga dua jam berikutnya, satu per satu usaha meretas akun-akun media sosial awak redaksi terjadi,” ungkap Zen.

Setelah dicek semua perangkat milik kru redaksi, pihaknya menyimpulkan upaya peretasan telah terjadi sejak Jumat (23/9).

Kala itu, tiga akun Telegram termasuk milik produser dan manajer Mata Najwa sudah berusaha diretas. Dari tiga upaya peretasan itu, salah satu di antaranya berhasil masuk.

Hingga pesan singkat tersebut diumumkan, Zen mencatat setidaknya 11 awak redaksi dari berbagai level yang mengalami peretasan. Akun Telegram dan Facebook disebut sebagai dua platform yang paling banyak mengalami peretasan.