JAKARTA – Politikus Partai NasDem, Zulfan Lindan menyebut Anies Baswedan berpotensi dibanding dua bakal capres usulan NasDem lainnya, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa untuk diusung menjadi calon presiden pada Pilpres 2024.

Baca Juga: Jalan Sehat Partai Nasdem, Gubernur Andi Sudirman Borong Dagangan Buroncong di CPI

Zulfan mengatakan bahwa dari ketiga nama tersebut ada dua yang memiliki potensi.

“Ada tiga nama [bakal capres]. Yang potensial untuk menjadi presiden itu kan dua, yaitu Ganjar dan Pak Anies. Kalau Ganjar itu kan hambatannya secara psikologis, berani enggak dia keluar dari PDIP?” kata Zulfan dilansir dari CNNIndonesia.com.

Lanjutnya, jika berdasarkan hal tersebut maka Ganjar dipastikan masih berpikir.

“Kalau dari sudut pandang itu, Ganjar ini masih berhitung-hitung. Kalau Ganjar enggak berani, ya mutlak lah harus Anies,” lanjutnya.

Zulfan juga menyatakan sinyal Anies bakal untuk menjadi capres NasDem semakin kuat karena telah mengumumkan kesediaan untuk maju sebagai capres jika ada partai politik yang mengusung.

Tak hanya itu, Zulfan mengungkapkan hingga kini komunikasi NasDem dengan Anies berjalan lancar. Ia mengatakan hubungan antara dua pihak itu terus berlanjut lewat dialog intensif.

“Dia tidak menyebut sama NasDem, tapi kan dia mengatakan siap jika diusung oleh partai siapa pun, dia siap maju,” tutur Anies.

Anies memang telah siap untuk mencalonkan diri sebagai presiden pada Pilpres 2024 mendatang jika ada partai politik yang meminangnya.

Dengan tidak menjadi anggota partai politik (parpol) mana pun, kata Anies, hal itu memberikan dia kesempatan untuk berkomunikasi dengan semua parpol.

Anies mengatakan sejumlah survei telah memberinya kredibilitas dengan menempatkan dirinya sebagai salah satu tokoh yang akan bertarung dalam kontestasi nasional pada 2024.