RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Komisi X DPR akan memanggil pihak Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) untuk membicarakan persoalan Uang Kuliah Tunggal (UKT) di perguruan tinggi yang mengalami kenaikan belakangan ini.

Selain itu, Komisi X DPR juga akan membentuk Panitia Kerja (Panja) yang akan difungsikan untuk menegtahui apa alasan kenaikan biaya pendidikan tersebut.

“DPR juga langsung membuat Panja biaya pendidikan. Karena kita juga ingin tahu sebenarnya pembiayaan pendidikan itu seberapa dan kenapa harus menaik,” kata Wakil Ketua Komisi X, Dede Yusuf di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (16/5/2024), mengutip CNNIndonesia.com.

Dede menyampaikan, nantinya Panja tersebut akan mengulas lengkap komponen biaya pendidikan, tak sebatas hanya biaya kuliah namun hingga ke taraf sekolah dasar.

“Long term ini Panja, Panja akan melalukan investigasi tentunya terhadap masalah pembiayaan pendidikan,” ujar Dede.

Ia menyebut review terhadap komponen biaya pendidikan itu belum pernah dilakukan.

Alhasil, peserta didik dan orang tua pun tak mengetahui kemana kenaikan biaya pendidikan yang mereka bayarkan itu akan dialokasikan.

“Apakah biaya komponen pendidikan seperti UKT itu naik dikarenakan membayar gaji dosen atau mungkin uang gedung atau biaya riset. Kita belum tahu, itu yang nanti kita akan bahas,” ucapnya.