Luwu Utara – Bupati Indah Putri Indriani mengungkap data tingginya proporsi perilaku menggosok gigi anak usia di bawah 3 tahun di Kabupaten Luwu Utara, yaitu 93,12%. Angka ini tentu sangat menggembirakan.

Baca juga: Bupati Iksan Iskandar Hadiri Peringatan HKGN 2022, Ini Harapannya!

Mengingat kebersihan gusi, gigi dan mulut bagi anak sudah harus ditanamkan sejak dini untuk menjaga kesehatan anak secara menyeluruh.

Kendati demikian, proporsi menggosok gigi anak usia di bawah 3 tahun belum linier dengan waktu kapan mulai anak menggosok gigi atau menyikat giginya.

“Proporsi perilaku menggosok gigi usia kurang dari 3 tahun di Luwu Utara, itu sudah 93,12%, tetapi hanya 17,72% yang menyikat gigi pada waktu yang benar. Jadi proporsinya sudah tinggi, tetapi waktu gosok giginya yang belum tepat,” beber Indah pada Peringatan Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) Tingkat Kabupaten, Senin (26/9/2022), di SDN Center Masamba.

Untuk itu, ia berharap semua pihak untuk mengambil peran dan ikut mengampanyekan kesehatan gigi dan mulut di semua wilayah Kabupaten Luwu Utara.

“Kita harus memahami dengan benar dan mempraktekkan dengan baik bagaimana menjaga kesehatan gigi dan mulut bagi anak-anak kita,” tutur Bupati Luwu Utara dua periode ini.

Bupati Indah Putri Indriani juga tak lupa mengapresiasi Yayasan Celosia Marennu Indonesia, Save the Children Indonesia, Mars Wrigley Fondation Indonesia, serta Perhimpunan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) wilayah Palopo, Luwu dan Luwu Utara, atas perhatian kepeduliannya mengampanyekan kesehatan gigi dan mulut di Kabupaten Luwu Utara.

“Melalui kampanye yang kita lakukan hari ini, selain untuk memperingati Hari Kesehatan Mulut Nasional, juga dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan gigi dan mulut,” jelas Bupati pencetak sejarah sebagai perempuan pertama yang menjadi kepala daerah di Provinsi Sulawesi Selatan ini.