JAKARTA – Pangeran Harry memilih tinggal di Amerika Serikat setelah menikah dengan Meghan Markle. Mereka berdua memutuskan untuk mundur sebagai anggota senior keluarga kerajaan.

Baca Juga : Camat Tallo Turunkan Satgas Bersihkan Drainase Kelurahan Suangga

Raja Charles III mengisyaratkan bahwa dia berencana untuk mengasingkan Pangeran Harry secara permanen. Menurut salah satu sahabat raja, ia berniat mengulang kisah Edward VIII dan Wallis Simpson, yang meninggalkan kerajaan karena cinta.

“Keluarga kerajaan menangani krisis turun takhta dengan mengasingkan Edward. Artinya, Edward dan Wallis dilihat sebagai sosok yang tidak penting, sesat, tidak setia, dan bahkan berbahaya bagi hampir seluruh rakyat Inggris,” katanya, dikutip The Daily Beast.

“Hal yang sama sebenarnya sudah terjadi dengan Harry dan Meghan, yang mungkin akan terjadi beberapa tahun ke depan di bawah pemerintahan Raja Charles. Dan tentu saja anak kedua yang bandel bukan ancaman eksistensial bagi struktur monarki daripada raja yang bandel,” imbuhnya.

Edward VIII dikenal sebagai kakak dari Raja George VI, ayah dari Ratu Elizabeth II. George menjadi raja karena Edward memilih untuk turun tahta demi kekasihnya, Wallis Simpson.

Inilah sebabnya mengapa Ratu Elizabeth II dikenal sebagai ‘Ratu yang tak direncanakan bertakhta’. Karena jika Edward tidak turun tahta, George tidak akan pernah menjadi raja.

Setelah Edward VIII memutuskan untuk turun tahta, ia sempat tinggal di Prancis. Masuk ke Inggris juga dibatasi.

Sementara itu, mantan staf Istana Buckingham mengatakan ada beberapa kode dalam pernyataan aksesi Raja Charles III. Dalam sebuah pernyataan, dia mendorong Meghan dan Harry untuk ‘terus membangun kehidupan mereka di luar negeri’.

Raja Charles diyakini telah meminta keduanya untuk tidak mengganggu pemerintahannya karena ia jarang bepergian ke Inggris.

“Harry dan Meghan tetap akan mendapatkan undangan untuk menghadiri acara penobatan. Tapi mungkin mereka tidak akan duduk di kursi depan dan duduk bersama Beatrice dan Eugenie, seperti saat di pemakaman,” katanya.

“Charles adalah sosok yang kejam kalau bicara soal melindungi mahkotanya. Artinya, ia harus menjaga Harry dan Meghan sejauh mungkin dari pusat gravitasi,” pungkasnya.