LUWU TIMUR – Nyatakan sikap maju mendampingi Ibas di pilkada Luwu Timur,  isteri mendiang Bupati Luwu Timur Thoriq Husler, Puspawati Husler, telah mengajukan pengunduran dirinya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Diketahui, saat ini Puspawati Husler menjabat sebagai Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Luwu Timur.

Pengunduran diri Puspawati Husler sebagai ASN disebut-sebut sebagai bentuk kesiapannya mendampingi Ketua DPD Nasdem Luwu Timur, Irwan Bachri Syam atau Ibas, di Pilkada Luwu Timur yang akan dihelat November 2024 mendatang.

Sebelumnya, nama Puspawati Husler sudah keluar sebagai bakal calon Wakil Bupati Luwu Timur mendampingi Ibas, Bakal Calon Bupati di Pilkada Luwu Timur.

Puspawati Husler dipinang Ibas berdasarkan rekomendasi DPP Partai Nasdem untuk bertarung di Pilkada Lutim 2024. Itu sesuai surat DPP Nasdem nomor: 47-SI/RP/BPP/-NasDem/VI/2024 tertanggal 1 Juni 2024 ditujukan ke Ketua DPW Nasdem Sulsel.

Dalam surat itu, DPP Partai NasDem telah menyetujui Irwan Bachri Syam dan Puspawati Husler sebagai calon bupati dan calon wakil Bupati Luwu Timur 2024.

Astini, kerabat dekat Puspawati Husler, membenarkan hal tersebut.

Ia mengungkapkan, selama ini banyak pertanyaan dari masyarakat terkait sikap politik Puspawati Husler, dan ternyata cukup membuat dinamika sosial di tengah-tengah masyarakat, khususnya di Luwu Timur.

“Sebagai seorang ASN yang sehari-hari mengabdikan dirinya sebagai pelayan masyarakat di sektor Pembinaan Keluarga Berencana, beliau tengah mengajukan beberapa berkas kepegawaian yang pada intinya mengarah ke proses pensiun dini sebagai ASN,” jelas Astini.

Puspawati Husler, kata Astini, saat ini hanya ingin menjaga situasi tetap kondusif, sekaligus menjaga dirinya dari hal-hal yang bersifat melanggar regulasi kepegawaian.

Sehingga, ia juga berinisiatif meminta surat keterangan bebas hukuman disiplin dan rekomendasi dari atasan langsung sebagai bentuk upaya antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan kedepannya.