LUWU UTARA – Selalu ada pelajaran yang bisa dipetik dari setiap peristiwa yang berdampak tak terduga bagi kebaikan semua orang, seperti halnya seorang pendeta asal Kecamatan Sabbang Selatan, Kabupaten Luwu Utara (Lutra), Novel Pangemanan.

Baca Juga : Indah Putri Indriani Dinobatkan Sebagai Kepala Daerah Perempuan Inspiratif

Saat ini, Pendeta Novel Pangemanan adalah Ketua Yayasan Gereja El Shadday Rambakulu, Desa Terpedo Jaya Kecamatan Sabbang Selatan. Ia mendirikan Panti Rehabilitasi terinspirasi dari sebuah peristiwa yang ia alami beberapa tahun yang lalu.

Novel Pangemanan menceritakan bahwa ide untuk membangun sebuah panti rehabilitasi di Kecamatan Sabbang Selatan berawal dari pengalaman pribadinya yang pernah menjadi korban pengadangan oleh orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

“ODGJ ini harus kita rangkul. Tugas kita merangkul mereka. Terbukti, sekarang ada beberapa yang tinggal di rumah saya, dan mereka tak ingin pulang,” ungkapnya, Senin (4/10/2022).

Bahkan, kata Novel Pangemanan, ODGJ ini juga ikut membantu pembangunan panti rehabilitasi tersebut, sehingga tanpa disadari pula progress pembangunan panti rehabilitasi, khusus mereka dari kalangan OGDJ, dapat berjalan sesuai yang diharapkan.

Tak lupa, Pendeta Novel Pangemanan menyampaikan ucapan terima kasih yang begitu besar kepada Pemda Luwu Utara, terkhusus Bupati Indah Putri Indriani, atas kehadiran, apresiasi dan bantuan yang diberikan kepada Yayasan El Shadday Rambakulu.

“Saya bersyukur ibu Bupati sebagai orang tua kita hadir di sini. Ini membuktikan bahwa saya tak sendiri, ada Pemda yang selalu mendukung. Sebagai anak, saya mengucapkan terima kasih, dan saya berdoa ibu Bupati tetap sehat,” ucapnya

Sementara Bupati Indah Putri Indriani mengapresiasi apa yang telah dirintis Pendeta Novel.

“Saya mengapresiasi pak Pendeta dan seluruh pengurus yayasan atas upaya yang diberikan,” kata Indah saat meninjau progres pembangunan panti tersebut.