JAKARTA – Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) akan mengunjungi Malang, Jawa Timur pasca Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan lebih dari 100 suporter Arema FC atau Aremania.

Baca Juga : Korban Kanjuruhan Malang akan Terima Santunan dari Jokowi

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono membenarkan kabar tersebut. Ia mengatakan Jokowi dan rombongan akan berangkat ke Malang usai HUT TNI ke-77, yang digelar di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Dalam kunjungannya ke Malang, kata Heru, Jokowi juga akan memberikan santunan kepada keluarga korban tragedi Kanjuruhan.

“Ya (ke Malang) setelah HUT TNI,” katanya, Rabu (5/10/2022), dilansir CNNIndonesia.com.

Dari Malang, Jokowi akan langsung menuju Bali. Ia akan melakukan banyak kegiatan di Pulau Dewata hari ini.

Menurut informasi, lebih dari 100 suporter Arema FC tewas dalam tragedi di Stadion Kanjuruhan. Tragedi bermula ketika polisi berusaha membubarkan Aremania di lapangan usai pertandingan Arema FC melawan Persebaya. Dalam pertandingan di stadion Kanjuruhan, ternyata tidak ada suporter Persebaya atau Bonek yang menonton secara langsung di sana.

Dalam serangkaian upaya untuk membubarkan massa di daerah itu, polisi menggunakan gas air mata yang berdasarkan bukti dan peredaran rekaman video, ditembak di lapangan.

Para suporter di tribun panik, dan mencoba berdesak-desakan keluar stadion. Di tengah kepanikan, banyak penonton yang sesak napas, jatuh, dan terinjak-injak hingga tewas.

Dalam peristiwa tersebut, pemerintah membentuk TGIPF yang dipimpin oleh Menkopolhukam, Mahfud MD untuk mengusut dan mengusut tuntas tragedi tragis ini.

Baca Juga : Bertolak ke Selayar, Adnan Purichta Disambut Saiful Arif