MAKASSAR – Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) menggelar rapat perdana, yang dipimpin langsung oleh Ketua TGIPF yang juga Menko Polhukam, Mahfud MD, pada Selasa (4/10/2022) malam.

Baca Juga : BKPSDM Selayar Rilis Hasil Pendataan Tenaga Non ASN, Berikut Namanya

Dalam keterangannya Mahfud mengatakan dalam pertemuan ini diambil keputusan untuk menghentikan sementara berbagai kegiatan di bawah PSSI seperti Liga 1, Liga 2 dan Liga 3. Menurut Mahfud, hal itu telah disetujui oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali.

“TGIPF ini tadi juga menekankan dan disetujui oleh Menpora bahwa semua kegiatan yang berpayung PSSI, terutama Liga 1, 2, dan 3 supaya dihentikan sampai Presiden menyatakan bisa dinormalisasi setelah tim ini menyampaikan rekomendasinya untuk Seperti apa normalisasi itu harus dilanjutkan,” katanya, Rabu (5/10/2022).

Mahfud mengatakan penghentian semua kegiatan di bawah PSSI dilakukan sampai Presiden mengumumkan bahwa kegiatan dapat dilanjutkan. Presiden akan menunggu hasil kerja TGIPF untuk memberikan sejumlah rekomendasi terkait penyelenggaraan kegiatan sepak bola.

“TGIPF bersepakat untuk segera bekerja dan mencari akar masalah, serta memberi rekomendasi untuk menghentikan masalah-masalah yang selalu terjadi. Ini penting karena apa, Peristiwa tentang kerusuhan di pertandingan sepak bola selalu terjadi,” katanya.

Mahfud mengatakan dalam pertemuan itu bahwa TGIPF akan menyelidiki dan menemukan akar masalah dari kekacauan di Stadion Kanjuruhan pada Sabtu, 1 Oktober 2022.Dengan melihat akar masalahnya, ia berharap ke depan tidak ada lagi kekacauan di semua pertandingan sepak bola.

“Kerusuhan pertandingan sepak bola selalu terjadi dan selalu dibentuk tim. Tetapi tidak pernah berubah sehingga akar masalahnya harus dikemukakan oleh tim ini, untuk kemudian direkomendasikan apa yang harus dilakukan untuk menyelesaikan akar masalah itu. Itulah kerja tim ini,” katanya, dilansir viva.co.id.

Baca Juga : Pantau Pelaksanaan Pilkades, Bupati Indah Minta Cakades Terima Hasil Pilkades