LUTRA – Setiap rumah sakit, baik swasta maupun milik pemerintah, sudah seharusnya memiliki misi sosial yang perlu diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Penilaian UKP Pertanian Segera Dihelat, Lutra Target Piala Abdibaktitani

Tujuannya, untuk membantu masyarakat, khususnya yang kurang mampu. Aksi kemanusiaan ini menjadi bagian yang tak terpisahkan dari keberadaan rumah sakit itu sendiri.

RS Hikmah Sejahtera misalnya. Baru-baru ini RS yang ada di Kecamatan Sukamaju, Luwu Utara ini memberi bantuan peralatan kepada 5 Kelompok Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA).

Lima kelompok PEKKA yang mendapatkan bantuan dari RS Hikmah Sukamaju tersebut masing-masing tiga kelompok tata boga, satu kelompok jahit serta satu kelompok rajut.

Direktur RS Hikmah Sejahtera Sukamaju, dr. Haslinda, mengatakan bahwa bantuan kepada lima Kelompok PEKKA adalah salah satu perwujudan dari misi sosial RS Hikmah Sukamaju.

“Kita di RS Hikmah Sejahtera itu yang namanya misi sosial. Nah, misi sosial ini yang kami lakukan terhadap kelompok perempuan ini, sekaligus sebagai stimulan,” kata Haslinda.

Setelah diberikan bantuan, maka diharapkan nanti kelompok PEKKA ini bisa mandiri dengan modal bantuan yang diberikan dan mampu menghidupi dirinya dan keluarganya.

Lima kelompok PEKKA itu adalah Wanita Hindu (Sukamaju), Rajut Riri Desa Pincara (Masamba), Bantimurung (Bonebone), Nanna Indah (Mappedeceng), serta Bunga Masamba.

Haslinda menyebutkan bahwa anggarannya bersumber dari dana Corporate Social Responsibility atau CSR.

“Selain memberikan bantuan kepada para kelompok PEKKA, kami juga membantu masyarakat kurang mampu yang belum memiliki Kartu JKN sebanyak 500 orang,” ungkap dia.

Menariknya, RS Hikmah Sejahtera Sukamaju juga selalu berbagi pada setiap hari Jumat dengan mengunjungi warga kurang mampu sekaligus memberikan bantuan sembako.