JAKARTA – PT Goto Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) perusahaan yang menaungi Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial ini berhasil mencatatkan namanya dalam daftar “Change The World” alias perusahaan Pengubah Dunia versi Fortune urutan ke-13 dari 54 perusahaan Pengubah Dunia versi Fortune.

Baca Juga: Kadishub Sulsel Kunjungi Bandara Andi Djemma Bersama Wabup Lutra

Dengan demikian, berhasil menjadi perusahaan dari Asia Tenggara yang menempati peringkat teratas di daftar tersebut, di mana SEA Group yang merupakan induk Shopee, masuk dalam urutan ke-25 dan PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) di urutan 50.

Masuknya GoTo sebagai peraih penghargaan “Change The World” ini berkat terobosan yang dilakukan saat Pencatatan Saham Perdana kepada Publik (Initial Public Offering/IPO) pada April 2022.

“Pada bulan April, ketika super-App Indonesia GoTo mengumpulkan US$1,1 miliar dalam IPO yang ditunggu-tunggu, perusahaan memastikan sebagian hasilnya diberikan kepada orang-orang yang mendukung layanannya,” jelasnya dilansir dari CNNIndonesia.com.

Lebih lanjut, sebanyak US$ 20 juta saham GoTo telah dialokasikan kepada 600 ribu drivernya di 3 negara berbeda.

“GoTo mengalokasikan saham senilai US$ 20 juta kepada 600 ribu pengemudi yang mengantarkan makanan, bahan makanan, dan produk lainnya melalui GoTo di Indonesia, Singapura, dan Vietnam,” lanjut keterangan resmi itu.

Tim penilai Fortune menjelaskan bahwa program berbagi saham ini merupakan inisiatif yang bukan sekadar berbagi kepemilikan perusahaan. Namun juga berdampak lebih dalam terhadap literasi dan inklusi keuangan di Indonesia.

“Program ini bukan hanya bertujuan untuk menumbuhkan loyalitas dan rasa memiliki di antara basis pengemudi GoTo. Namun, hal itu juga mendorong literasi dan inklusi keuangan di Indonesia, negara yang sepertiganya tidak memiliki rekening bank, memungkinkan banyak pengemudi untuk terlibat dengan sistem keuangan untuk pertama kalinya,” ujarnya