JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil pejabat kepolisian untuk hadir di Istana Negara sore ini.  Sedangkan pejabat tinggi (pati) bintang dua ke bawah berkumpul di PTIK (Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian). Terlihat ratusan perwira menengah (Pamen) berpangkat Kombes dan AKBP berkumpul di Auditorium Mutiara pukul 09.34, pada Jumat (14/10/2022).  

Baca Juga : Jokowi Panggil Seluruh Pejabat Utama Kepolisian Besok

Mereka saling bercengkerama dan berbicara. Tampak juga Kapolres NTT, Irjen Setyo Budiyanto, Kapolda Sulsel, Irjen Nana Sudjana dan Kapolda Jateng, Irjen Ahmad Lutfhi.

Pati tersebut bergabung dari sejumlah Polda dan Polres di seluruh negeri. Tak satu pun dari mereka mengenakan topi dan membawa tongkat.

Sementara itu, 13 bus diparkir di halaman PTIK. Enam di antaranya adalah VVIP khusus atau bus khusus Kapolda.

Berdasarkan informasi yang diterima, pejabat bintang dua ke bawah ini memang berkumpul di PTIK pada pukul 10.00 WIB. Kemudian, pada pukul 11.00 WIB, mereka mulai menuju Gedung Krida Bhakti Sekretariat Negara untuk melaksanakan salat Jumat sebelum melanjutkan perjalanan ke Istana Negara.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil pejabat kepolisian untuk hadir di Istana Negara, pada siang hari. Aparat kepolisian diminta tidak membawa tongkat komando dan topi.

Petugas diminta mengenakan pakaian dinas lapangan (PDL) tanpa penutup kepala dan tanpa tongkat.

Petugas polisi juga tidak diperbolehkan membawa telepon genggam tetapi hanya boleh membawa buku catatan dan pulpen. Polisi yang hadir di lokasi juga tidak diperbolehkan membawa ajudan atau sering disebut dengan ADC (Aide de Camp).

Pertemuan Jokowi dengan pimpinan kepolisian akan digelar di Istana Negara, pada pukul 14.00 WIB siang ini. Polisi yang dipanggil Jokowi adalah para pejabat Markas Besar (Mabes) Polri, Kapolda, hingga Kapolres se-Indonesia.  

“Besok (hari ini) didengarkanlah,” katanya, Kamis (14/10/2022), dilansir detik.com