MAKASSAR – Ketua DPRD Makassar, Rudianto Lallo memotivasi ratusan Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia dalam kegiatan Kuliah Tamu dengan tema ‘Masa Depan Sarjana Kesehatan Masyarakat’ yang dilaksanakan di Auditorium Al Jibra, Kampus UMI Makassar, Sabtu (15/10).

Baca Juga: Kolaborasi KGBN Makassar dan BBGP Sulsel gelar Kelas Kompetensi

Dikesempatan ini, Politisi Partai NasDem itu memberikan berbagai tips kepada Mahasiswa agar dapat bersaing ditengah erah digitalitasi. Dia menyampaikan salah satu yang patut dimiliki Mahasiswa adalah kemampuan alias skill. Kemampuan dalam bidang apapun itu akan berguna untuk kehidupan.

“Skill ini bisa didapatkan diluar kampus, biasanya, bisa dengan bakat, ataupun melalui latihan. Jadi ini dapat dikembangkan dimana saja, seperti dilembaga kemahasiswan, BEM, ataupun lembaga eksternal kampus,” kata Rudianto Lallo.

Dia menjelaskan, saat ini banyak lembaga swasta dan pemerintah lebih mengutamakan skill dibandingkan dengan hasil atau nilai. Lembaga terkadang lebih membutuhkan keterampilan sesorang dalam meningkatkan produktivitas dan hasil. Olehnya itu, waktunya memperdalam kemampuan, mengasah skill selagi masih status sebagai mahasiswa.

“Dikesehatan ini misalnya, terkadang dibutuhkan sesorang yang mahir desain grafis, editing gambar dan sebagainya. Kenapa ini dibutuhkan, untuk kepentingan kampanye-kampanye kesehatan, di era digital konten kampanye harus menarik, simpel agar pesan yang ingin disampaikan langsung tercapai, ilmu ini kadang tidak ditemukan dalam kuliah, tapi dapat dengan mudah ditemukan diluar, atau di organisasi,” ujarnya.

Selain itu, Legislator dua Periode itu juga menambahkan dibutuhkan jaringan atau networking. Dia menyebut waktu yang paling tepat membangun jaringan saat status Mahasiswa.

Sebagai orang terpelajar akan lebih muda membuka komunikasi dengan siapapun. Sebab tugas dasarnya mahasiswa selain pendidikan adalah melakukan penelitian, dan pengabdian kemasyarakat.