LUTIM – PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) mendapat apresiasi dari manajemen Akademi Teknik Sorowako (ATS) atas komitmennya dalam memberikan dukungan pada program pelatihan vocational (kejuruan).

Baca Juga: Sehat Bersama, Deputi GenBI Sulsel Gelar Kegiatan Fun Health

Apresiasi tersebut disampaikan oleh Direktur Akademi Teknik Sorowako (ATS), Harjuma, pada Rapat Senat Terbuka Dalam Rangka Wisuda XXIX Diploma III Program Studi Perawatan dan Perbaikan Mesin ATS, Sabtu (15/10/2022) di Gedung Onte Luwu, Sorowako.

Menurunya, PT Vale sangat besar kontribusinya dalam mendorong peningkatan kualitas peserta didik, Salah satunya diwujudkan melalui kolaborasi PT Vale, ATS dan Pemerintah Daerah Luwu Timur melalui Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi dalam upaya mengembangkan Teknologi Tepat Guna (TTG), dengan outputnya yakni pabrikasi mesin atau alat mesin pertanian (Alsintan) yang telah dipergunakan penerima manfaat program pemberdayaan masyarakat.

“Terimakasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya untuk kerjasama yang sudah terjalin antara ATS dengan PT Vale dan Pemda Luwu Timur dalam rangka perakitan mesin-mesin penunjang kebutuhan program pemberdayaan masyarakat,” katanya dalam sambutannya.

Beberapa mesin yang telah dirakit ATS untuk menunjang program PPM sejak 2021 hingga saat ini, diantaranya peralatan kerja petani binaan seperti Pencabut Rumput (Pattora), Arit, Cangkul, Parang, Alat Penyiang Gulma (Gasrok), Cultivator/Handtracktor, Box Kompos, dan Mesin Chopper termasuk perbaikan motor tiga roda, dari total 60 item Alsintan termasuk penunjang operasional Panti Sehat HIPHO seperti Pengiris Rimpang, Mesin Parut, Oven Pengering, dan lain sebagainya.

Senior Manager Social Development Program (SDP) PT Vale, Ardian Indra Putra menuturkan, terdapat banyak manfaat dari model program sinergis telah berjalan saat ini, seperti meningkatkan skill peserta didik melalui pelatihan yang diberikan.