Makassar – Marine Business Forum 2022 digelar PT Pelindo Jasa Maritim, Subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) bersama anak usahanya untuk pengguna jasanya di Bali, akhir pekan lalu.

Baca juga : Pelindo Regional 4 Makassar Gelar “Bersih Laut dan Pantai” di Harhubnas 2022

Gelaran yang membahas berbagai hal strategis untuk layanan marine ini dihadiri oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha Tjahyagama dan Direktur Pengelola PT Pelabuhan Indonesia (SPJM) Persero selaku Holding, Putut Sri Muljanto, dan Direksi PT Pelindo Jasa Maritim dan anak usaha bidang marine yaitu PT Pelindo Marine Services dan PT Jasa Armada Indonesia Tbk.

Pengguna jasa hadir semua di acara ini baik perusahaan pelayaran, pemilik kapal, pemilik TUKS (Terminal untuk Kepentingan Sendiri) maupun pengguna jasa pada pelabuhan kelolaan Pelindo sendiri.

Direktur Utama PT Pelindo Jasa Maritim, Prasetyadi mewakili SPJM Group menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pengguna jasa setia yang berkenan hadir di acara ini.

“Tentu saja kami tidak ada artinya tanpa kehadiran pelanggan baik perusahaan pelayaran, pemilik kapal, pemilik TUKS, para Regional Head dan General Manager cabang kelolaan Pelindo di seluruh Indonesia yang senantiasa mendukung dan mempercayakan kapalnya untuk kami layani,” kata Prasetyadi, Selasa (18/10).

Rangkaian perhelatan ini diisi dengan talkshow yang berisi paparan ahli dari Kementerian Perhubungan mengenai Regulasi dan Kebijakan Kementerian Perhubungan, serta peran kunci pelabuhan dalam rantai logistik.

Pakar Kementerian Perhubungan juga memaparkan perubahan di dunia kepelabuhanan yang ditandai dengan tiga tren.

Pertama, konsolidasi pemain di dalam value chain, penggunaan teknologi smart port, dan perubahan struktur kapal dan infrastruktur. Ini semua berdampak dalam dinamika pemberian layanan marine yang diharapkan dapat mengimbangi tren tersebut.